PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI PADA ANAK TERHADAP PERILAKU ANAK DALAM PENCEGAHAN COVID 19 (TK Kartini 02 Kecamatan Bangkalan)

Damayanti, Nufa Rani (2021) PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI PADA ANAK TERHADAP PERILAKU ANAK DALAM PENCEGAHAN COVID 19 (TK Kartini 02 Kecamatan Bangkalan). Undergraduate thesis, STIKes Ngudia Husada Madura.

[thumbnail of 17142010114_NUFA RANI DAMAYANTI_2021_MANUSKRIP.pdf] Text
17142010114_NUFA RANI DAMAYANTI_2021_MANUSKRIP.pdf

Download (661kB)
[thumbnail of 17142010114_NUFA RANI DAMAYANTI_2021_MANUSKRIP TURNITY.pdf] Text
17142010114_NUFA RANI DAMAYANTI_2021_MANUSKRIP TURNITY.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Coronavirus adalah virus yang menyerang system pernafasan dan menyebabkan penyakit mulai dari gejala ringan sampai berat. Hasil study pendahuluan didapatkan data 50% anak memiliki perilaku kurang dalam pencegahan covid 19, 20% anak memiliki perilaku cukup dalam pencegahan covid19, 30% anak memiliki perilaku baik dalam pencegahan covid 19. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbedaan perilaku anak dalam pencegahan covid 19 antara yang diberikan pemberian edukasi kesehatan dengan demonstrasi dengan yang tidak diberikan pemberian edukasi kesehatan tanpa demonstrasi dalam pencegahan covid 19. Desain penelitian ini Quasy Eksperiment. Variabel independen edukasi kesehatan pada anak. Variabel dependen perilaku anak dalam pencegahan covid – 19 pada anak. Jumlah sampel 40 responden dan dibagi menjadi 2 kelompok yaitu 20 kelompok perlakuan dan 20 kelompok kontrol. Teknik sampling menggunakan Simple Random Sampling. Instrument yang menggunakan kuesioner perilaku dengan uji statistik menggunakan Shapiro Wilk karena sampel kurang dari 50, Wilcoxon digunakan karena data tidak berdistribusi normal , dan Mann Whitney untuk mengetahui ada perbedaan antara 2 kelompok dengan ɑ = 0,05. Berdasarkan hasil uji statistik di dapatkan bahwa pada kelompok perlakuan p = 0.006< 0.05 pada kelompok kontrol p = 0.010 < 0.005, pada kelompok perlakuan dan kelompok kontrol p = 0.010 < 0.005. Hasil penelitian ini terdapat perbedaan edukasi kesehatan menggunakan leaflet dan demonstrasi pada kelompok perlakuan dengan yang diberikan edukasi kesehatan tanpa demonstrasi pada kelompok kontrol dalam pencegahan covid 19 pada anak. Hasil dari penulisan penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi guru dan kepala sekolah dalam memberikan materi pendidikan kesehatan tentang pecegahan covid 19 pada anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: edukasi kesehatan, Media leaflet, Perilaku anak dalam Pencegahan Covid – 19
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Dhany Fertri Elysia
Date Deposited: 13 Oct 2021 08:32
Last Modified: 13 Oct 2021 08:32
URI: https://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/1033

Actions (login required)

View Item View Item