Jelita, Septia Dewi (2021) TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN PETUGAS PENDAFTARAN PASIEN DI PUSKESMAS TANAH MERAH DENGAN METODE 5 DIMENSI SERVQUAL. Diploma thesis, STIKes Ngudia Husada Madura.
Text
18134620026-2021-MANUSKRIP.pdf Download (293kB) |
|
Text
18134620026-2021-STIKESNGUDIAHUSADAMADURA.pdf Download (504kB) |
Abstract
ABSTRAK Kepuasan pasien adalah salah satu alat ukur untuk menilai mutu pelayanan kesehatan, mutu pelayanan kesehatan dinilai dari kinerja pelayanan yang telah diberikan kepada pasien. Di Puskesmas Tanah Merah diketahui bahwa masih ada pasien yang menyatakan kurang puas terhadap pelayanan di pendaftaran. Oleh karena itu, peneliti bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan petugas pendaftaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Deskriptif. Populasi yang digunakan adalah jumlah seluruh kunjungan pasien rawat jalan di Puskesmas Tanah Merah dan penentuan jumlah sampel menggunakan perhitungan Slovin dengan menggunakan metode 5 dimensi servqual. Dari hasil penelitian yang dilakukan di Puskesmas Tanah Merah diketahui bahwa masih ditemukan beberapa responden yang menyatakan kurang puas pada saat pelayanan di pendaftaran pasien rawat jalan. Berdasarkan hasil analisis pada setiap dimensi dapat diketahui bahwa dari 97 responden, pada dimensi tangibles sebagian besar menyatakan puas 52,58 %. Pada dimensi reliability sebagian besar menyatakan puas 51,55 %. Pada dimensi responsiveness sebagian besar menyatakan sangat puas 46,39 %. Pada dimensi assurance sebagian besar menyatakan puas 46,39 %. Pada dimensi empahty sebagian besar menyatakan puas 48,45 %. Dengan demikian dimensi responsiveness memiliki tingkat kepuasan paling tertinggi. Saran yang diusulkan yaitu puskesmas perlu meningkatkan fasilitas dibagian pendaftaran agar pasien tidak bosan pada saat menunggu antrian pendaftaran, petugas harus lebih sabar dalam bertugas dan bersikap lebih ramah terhadap pasien, meningkatkan komunikasi kepada pasien supaya pasien paham dengan informasi yang diberikan dan kecepatan petugas pendaftaran dalam melayani pasien perlu ditingkatkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan, Pasien Rawat Jalan, Servqual |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | D3 Perekam dan Informasi Kesehatan |
Depositing User: | Dhany Fertri Elysia |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 02:09 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 02:09 |
URI: | https://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/1043 |
Actions (login required)
View Item |