ANALISIS FAKTOR USIA, TEMAN SEBAYA, PENGETAHUAN YANG MEMPENGARUHI PERILAKU PENCEGAHAN DIARE PADA BAYI USIA 6-12 BULAN (Studi di Wilayah kerja Puskesmas Tongguh Arosbaya di Desa Karang Duwek)

Widiastuti, Hoyrunnissa (2019) ANALISIS FAKTOR USIA, TEMAN SEBAYA, PENGETAHUAN YANG MEMPENGARUHI PERILAKU PENCEGAHAN DIARE PADA BAYI USIA 6-12 BULAN (Studi di Wilayah kerja Puskesmas Tongguh Arosbaya di Desa Karang Duwek). Undergraduate thesis, STIKes Ngudia Husada Madura.

[img] Text
Abstrak Hoyrunnissa Widiastuti.docx

Download (32kB)

Abstract

Penyakit diare di Indonesia saat ini merupakan salah satu penyakit endemik, dan masih sering menyebabkan kejadian luar biasa di masyarakat. Berdasarkan studi pendahuluan dengan metode pengisian kuesioner pada 10 ibu yang memiliki bayi usia 6-12 bulan. Ditemukan bahwa sebanyak 6 ibu yang memiliki perilaku kurang dalam mencegah diare, dan sebanyak 4 ibu yang memiliki perilaku yang baik dalam mencegah diare. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor demografis (usia), variabel sosiopsikologis (teman sebaya), variabel Struktural (Pengetahuan) yang mempengaruhi perilaku pencegahan diare pada bayi usia 6-12 bulan. Desain penelitian ini adalah "Analytic Correlative Cross Sectionall". Dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional variabel independen yaitu peran teman sebaya ibu, dan pengetahuan sedangkan variabel dependen diare adalah perilaku pencegahan. Jumlah sampel adalah 35 ibu yang memiliki bayi berusia 6-12 bulan. Teknik pengambilan sampel menggunakan Probality Samples dengan Simple Random Sampling. Penelitian ini telah dilakukan uji etis izin yang dilakukan oleh KEPK STIKes Ngudia Husada Madura. Hasil penelitian menggunakan uji Spemank Rank menunjukkan bahwa p = 0,025 ≤ 0,05. Berarti H1 diterima, ada hubungan antara peran teman sebaya ibu dan perilaku pencegahan diare pada bayi sedangkan p 0,034 ≤ 0,05. Ini berarti bahwa H1 diterima ada hubungan antara pengetahuan ibu dan perilaku pencegahan diare. Hasil penelitian ini memberikan referensi untuk ilmu kesehatan tentang perilaku hidup bersih dan sehat untuk mencegah penyakit diare dan direkomendasikan bagi peneliti untuk merancang penelitian lebih lanjut dan variabel-variabel untuk menentukan faktor lain dari diare seperti kebiasaan tidak mensterilkan botol susu untuk mereka. bayi. Kata kunci: perilaku, teman sebaya ibu, pengetahuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: perilaku, teman sebaya ibu, pengetahuan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Stikes Ngudia Husada Madura
Date Deposited: 17 Nov 2019 12:42
Last Modified: 17 Nov 2019 12:42
URI: http://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/106

Actions (login required)

View Item View Item