HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA PRA SEKOLAH (4 – 6) TAHUN ( Studi di RA Bakti Islam Telang Kecamatan Kamal Bangkalan)

Prasodjo, Dhemas Alifian (2021) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA PRA SEKOLAH (4 – 6) TAHUN ( Studi di RA Bakti Islam Telang Kecamatan Kamal Bangkalan). Undergraduate thesis, STIKes Ngudia Husada Madura.

[thumbnail of 1714201015-2021-MANUSKRIP.pdf] Text
1714201015-2021-MANUSKRIP.pdf

Download (484kB)
[thumbnail of 1714201015-2021-MANUSKRIP-HASIL-TURNITIN.pdf] Text
1714201015-2021-MANUSKRIP-HASIL-TURNITIN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan sosial merupakan pencapaian kematangan dalam hubungan sosial dan sebagai proses belajar untuk menyesuaikan diri. Perkembangan sosial seorang anak sangat tergantung pada individu anak, peran orang tua, lingkungan masyarakat. Berdasarkan hasil studi pendahuluan pada 10 anak usia 4 – 6 tahun didapatkan perkembangan sosial anak yaitu 6 anak masih di kategorikan rendah perkembangan sosialnya dan 4 anak di kategorikan perkembangan sosialnya baik. Tujuan penelitian ini menganalisis hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan sosial anak usia prasekolah (4 – 6) tahun. Desain penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Variabel independen adalah pola asuh orang tua, variabel dependen adalah perkembangan sosial anak usia prasekolah. Populasi penelitian 64, sampel 45 menggunakan Simple Random Sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. uji statistik spearman rank. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar pola asuh orang tua anak usia pra sekolah (4 – 6 tahun) pada kategori demokratis sebanyak 24 responden (53,3%) dan hampir setengahnya perkembangan sosial anak usia pra sekolah (4 – 6 tahun) mengalami perkembangan pada tingkat kurang sebanyak 20 responden (44,4%). Berdasarkan uji statistik Spearman Rank didapatkan hasil P Value: 0.000 < α: 0,05 dengan nilai Corelation 0.777 sehingga H0 ditolak dan Ha di terima. Hal ini menunjukan bahwa ada Hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan sosial anak usia pra sekolah (4 – 6 tahun) di RA Bakti Islam Telang dengan interpretasi hubungan kuat. Berdasarkan hasil disarankan ibu memiliki peran sebagai pengasuh, pendidik, pemelihara, dan pembimbing bagi anak. Selain itu, ibu juga mempunyai peranan penting dalam pembentukan identitas anak, harus tepat dalam memilih dan menerapkan pola asuh terhadap anaknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pola asuh, perkembangan sosial anak dan usia prasekolah
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Dhany Fertri Elysia
Date Deposited: 02 Nov 2021 01:45
Last Modified: 02 Nov 2021 01:45
URI: https://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/1073

Actions (login required)

View Item View Item