ANALISIS HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN BURNOUT AKADEMIK PADA MAHASISWA KEPERAWATAN SEMESTER AKHIR

Halimah, Siti Nur (2022) ANALISIS HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN BURNOUT AKADEMIK PADA MAHASISWA KEPERAWATAN SEMESTER AKHIR. Undergraduate thesis, Stikes Ngudia Husada Madura.

[thumbnail of 17. 18142010101-2022-MANUSKRIP.pdf] Text
17. 18142010101-2022-MANUSKRIP.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of 18. 18142010101-2022-MANUSKRIP-HASIL-TURNITIN.pdf] Text
18. 18142010101-2022-MANUSKRIP-HASIL-TURNITIN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Burnout Akademik adalah perasaan lelah karena adanya tuntutan studi, sikap sinis pada tugas kuliah dan merasa tidak kompeten sebagai mahasiswa. Hasil studi pendahuluan yang dilakukan pada mahasiswa keperawatan sebanyak 10 orang didapatkan 60% masih dalam kategori tinggi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan antara dukungan sosial dengan burnout akademik pada mahasiswa keperawatan semester akhir. Penelitian ini menggunakan survei analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Variabel independen adalah dukungan sosial terdiri dari dukungan emosional, instrumental, informasional dan penghargaan, sedangkan variabel dependen burnout akademik. Jumlah populasi sebanyak 109 mahasiswa keperawatan dengan sampel 87 mahasiswa menggunakan teknik porportionate stratified random sampling. Instrument yang digunakan adalah kuesioner dukungan sosial dan burnout akademik. Analisa data menggunakan Spearman Rank dengan α 0,05. NO: 1256/KEPK/STIKES-NHM/EC/V/2022. Hasil penelitian didapatkan mahasiswa keperawatan mengalami dukungan emosional dengan burnout akademik nilai yang tinggi sebanyak 30 mahasiswa (34,5%), dengan P-Value: 0.000<α: 0,05 sehingga ada hubungan antara dukungan emosional dengan burnout akademik. Dukungan instrumental dengan burnout akademik nilai yang tinggi sebanyak 25 mahasiswa (28,7%), dengan P-Value: 0,001<α: 0,05 sehingga ada hubungan antara dukungan instrumental dengan burnout akademik. Dukungan informasional dengan burnout akademik nilai yang tinggi sebanyak 29 mahasiswa (33,3%), dengan P-Value: 0,000<α: 0,05 sehingga ada hubungan antara dukungan informasional dengan burnout akademik. Dukungan penghargaan dengan burnout akademik nilai yang tinggi sebanyak 26 mahasiswa (29,9%), dengan P-Value: 0,000<α: 0,05 sehingga ada hubungan antara dukungan penghargaan dengan burnout akademik. Disarankan untuk peneliti selanjutnya dapat dilakukan penelitian yang lebih lanjut dalam menganalisis hubungan antara dukungan sosial berdasarkan faktor atau variabel yang lain terhadap burnout akademik pada mahasiswa keperawatan semester akhir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Dukungan Sosial, Dukungan Emosional, Dukungan Instrumental, Dukungan Informasional, Dukungan Penghargaan, Burnout akademik, Mahasiswa
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Dhany Fertri Elysia
Date Deposited: 20 Oct 2022 02:50
Last Modified: 20 Oct 2022 02:50
URI: https://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/1278

Actions (login required)

View Item View Item