HUBUNGAN PERAN ORANG TUA DAN PERGAULAN BEBAS DENGAN KEJADIAN PERNIKAHAN USIA DINI (Studi di Desa Lembung Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan)

Farida, Ida (2019) HUBUNGAN PERAN ORANG TUA DAN PERGAULAN BEBAS DENGAN KEJADIAN PERNIKAHAN USIA DINI (Studi di Desa Lembung Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan). Undergraduate thesis, STIKes Ngudia Husada Madura.

[img] Text
ABSTRAK Ida Farida.docx - Published Version

Download (30kB)

Abstract

Pernikahan usia dini merupakan perkawinan yang dilakukan dibawah usia reproduktif, yaitu < 20 tahun. Berdasarkan data dari Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kokop pada tanggal 19 November 2018 didapatkan hasil pernikahan usia dini sebanyak 66,6%. Tujuan penelitian ini menganalisis hubungan peran orang tua dan pergaulan bebas dengan kejadian pernikahan usia dini. Desain penelitian menggunakan Analitik dengan pendekatan cross sectional. Variabel independen adalah peran orang tua dan pergaulan bebas, sedangkan variabel dependen yaitu pernikahan usia dini. Populasi sebanyak 43 responden dan sampel sebanyak 39 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling secara simple random sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Uji statistik menggunakan Spearman Rank. Penelitian ini telah di lakukan uji Kelaikan Etik oleh KEPK STIKes Ngudia Husada Madura. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua kategori sedang sebanyak 79,5%, pergaulan bebas kategori tinggi sebanyak 66,7%, dan kejadian pernikahan dini sebanyak 97,4%. Hasil uji statistik pada variabel peran orang tua dengan kejadian pernikahan dini menunjukkan nilai ρ=0,021 < α=0,05, sedangkan pada variabel pergaulan bebas dengan kejadian pernikahan dini menunjukkan nilai ρ=0,045 < α=0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, artinya ada hubungan antara hubungan peran orang tua dan pergaulan bebas dengan kejadian pernikahan usia dini. Diharapkan bagi fasilitas pelayanan kesehatan lebih memperhatikan pergaulan bebas terhadap pernikahan dini dan memberikan penyuluhan kepada remaja tentang bahaya serta dampak dari melakukan pernikahan dini. Kata Kunci: Peran Orang Tua, Pergaulan Bebas, Pernikahan Usia Dini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Pergaulan Bebas, Pernikahan Usia Dini
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Stikes Ngudia Husada Madura
Date Deposited: 19 Nov 2019 02:04
Last Modified: 25 Nov 2019 03:39
URI: http://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/128

Actions (login required)

View Item View Item