Rizma Aisyah Ramadhani, Azis (2023) EFEKTIVITAS PENYULUHAN DENGAN VIDEO ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN CARA MENCUCI TANGAN YANG BENAR (Studi pada siswa SDN Gunung Sekar 4 Sampang). Undergraduate thesis, STIKES NGUDIA HUSADA MADURA.
Text
17. 19153010028-2023-MANUSKRIP.pdf Download (599kB) |
|
Text
18. 19153010028-2023-MANUSKRIP-HASIL-TURNITIN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Mencuci tangan merupakan salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari menggunakan air dan sabun atau handscrub. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SDN Gunung Sekar 4 Sampang pada bulan Januari 2023 dengan metode kuesioner tentang pengetahuan cara mencuci tangan yang benar di dapatkan hasil bahwa dari 23 siswa kelas 4 terdapat (40%) diantaranya yang kurang memiliki pengetahuan cuci tangan dengan benar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan pada siswa sebelum dan sesudah di lakukan pemberian video animasi cuci tangan yang benar di SD Negeri Gunung Sekar 4 Sampang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, variabel independent pemberian video cuci tangan, variabel dependen tingkat pengetahuan. Jumlah sampel yang diambil yaitu 10 siswa di SD Negeri Gunung Sekar 4 Sampang. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner. Penelitian ini sudah diuji etik KEPK STIKes Ngudia Husada Madura. Hasil penelitian menunjukkan seluruh anak sebelum diberikan video animasi berpengetahuan kurang dan Sebagian besar anak berpengetahuan baik, hampir setengahnya berpengetahuan cukup. Upaya untuk meningkatkan pengetahuan cara mencuci tangan yang benar yakni menggunakan metode video animasi karna anak lebih mengerti dan menyukai bentuk yang sifatnya ada suara dan gambar gerak, dan dapat memberikan contoh bentuk perilaku yang baik pada anak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Pengetahuan, Video Animasi, CTPS, Anak |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | D4 Kebidanan |
Depositing User: | akbar aliyyul akbar |
Date Deposited: | 02 Aug 2023 02:32 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 01:01 |
URI: | https://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/1317 |
Actions (login required)
View Item |