HUBUNGAN PERAN ORANG TUA DENGAN KEJADIAN PICKY EATERS PADA ANAK USIA 3-5 TAHUN (Studi di PAUD Sayang Ibu Kecamatan Klampis Kabupaten Bangkalan)

Lestari, Januria Maliyantini (2019) HUBUNGAN PERAN ORANG TUA DENGAN KEJADIAN PICKY EATERS PADA ANAK USIA 3-5 TAHUN (Studi di PAUD Sayang Ibu Kecamatan Klampis Kabupaten Bangkalan). Undergraduate thesis, STIKes Ngudia Husada Madura.

[img] Text
ABSTRAK FIX.docx - Published Version

Download (18kB)

Abstract

picky eater adalah perilaku anak tidak mau atau menolak untuk makan, atau mengalami kesulitan mengkonsumsi makanan atau minuman dengan jenis dan jumlah sesuai usia secara fisiologis (alamiah dan wajar), yaitu mulai dari membuka mulutnya tanpa paksaan, mengunyah, menelan, hingga sampai terserap di pencernaan secara baik tanpa paksaan. Berdasarkan data pada bulan januari 2019, anak di PAUD Sayang Ibu sebanyak 20 anak didapatkan 50% didapatkan anak mengalami picky eaters. Tujuan penelitian yaitu menganalisis hubungan peran orang tua dengan kejadian picky eaters pada anak usia 3-5 tahun. Desain penelitian adalah analitik dengan pendekatan cross sectional dengan Populasi sebanyak 47 responden dan sampel sebanyak 43 responden.Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling secara simple random sampling. instrumen penelitian menggunakan kuisioner. Uji statistik menggunakan “spearman rank “ Penelitian ini telah di lakukan uji kelayakan Etik yang dilaksanakan oleh KEPK STIKes Ngudia Husada Madura. No: 0084/KEPK/STIKES-NHM/EC/III/2019 Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua kurang seluruhnya memiliki anak dengan picky eaters berat sebanyak 6 orang , pada peran orang tua yang cukup hampir seluruhnya memiliki anak dengan picky eaters sedang sebanyak 23 orang , dan peran orang tua yang baik, seluruhnya memiliki anak dengan picky eaters ringan sebanyak 12 orang. Dimana ρ value : 0,000 < α : 0,05, yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak, hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara peran orang tua dengan kejadian picky eater pada anak usia 3-5 tahun. Diharapkan nantinya orangtua tidak memaksa anak untuk hanya memakan makanan yang diinginkan karena justru dapat berdampak pada tingginya perilaku picky eaters. Orangtua sebaiknya melakukan inovasi terhadap makanan yang sehat, agar anak ingin memakannya tanpa dipaksa. Kata Kunci: Peran Orang Tua, picky eaters

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, picky eaters
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Stikes Ngudia Husada Madura
Date Deposited: 19 Nov 2019 02:57
Last Modified: 25 Nov 2019 04:36
URI: http://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/141

Actions (login required)

View Item View Item