HUBUNGAN USIA, PARITAS DAN STATUS GIZI SEBELUM HAMIL DENGAN KEJADIAN BAYI BERAT LAHIR RENDAH DI RUANG MAWAR (Studi di Rumah Sakit Umum Daerah dr Moh Zain Sampang)

Kartika, Kartika (2019) HUBUNGAN USIA, PARITAS DAN STATUS GIZI SEBELUM HAMIL DENGAN KEJADIAN BAYI BERAT LAHIR RENDAH DI RUANG MAWAR (Studi di Rumah Sakit Umum Daerah dr Moh Zain Sampang). Undergraduate thesis, STIKes Ngudia Husada Madura.

[img] Text
ABSTRAK Kartika.docx - Published Version

Download (31kB)

Abstract

Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR) termasuk faktor utama dalam peningkatan mortalitas, morbiditas dan disabilitas neonatus, bayi dan anak serta memberikan dampak jangka panjang terhadap kehidupannya dimasa depan. Dari hasil studi pendahuluan yang dilakukan pada bulan Agustus 2018 di ruang Mawar Rumah Sakit Umum Daerah dr. Mohamad Zain Sampang terdapat 356 pasien pada tiga bulan terakhir dengan jumlah kelahiran BBLR sebanyak 111 kelahiran (32%), yaitu 38 BBLR pada bulan Mei 2018, 42 pada Juni 2018 dan 31 BBLR pada Juli 2018. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan usia ibu, paritas dan status gizi ibu dengan kejadian BBLR di RSUD dr Moh Zain Sampang Penelitian ini menggunakan desain analitik dengan pendekatan crosssectional. Dengan dua variabel penelitian, variabel independen yaitu usia ibu, paritas dan status gizi serta variabel dependen yaitu kejadian BBLR Pengumpulan data menggunakan kuesioner data diambil dari responden ibu melahirkan di Ruang Mawar RSUD dr Moh Zain Sampang dengan jumlah sampel sebanyak 35 orang yang diambil dengan tehnik purposive sampling. Hasilnya penelitian dianalisis dengan menggunakan uji chi square untuk variabel usia ρ= 0,000 < α = 0,05, artinya ada hubungan antara usia dengan kejadian BBLR. Variabel paritas ρ= 0,000 < α = 0,05, artinya ada hubungan antara paritas dengan kejadian BBLR. variabel status gizi ρ= 0,02 < α = 0,05, artinya ada hubungan antara status gizi dengan kejadian BBLR. Masih terdapat beberapa faktor lain yang ikut mempengaruhi kejadian BBLR antara lain faktor ibu dan faktor bayi, faktor bayi belum diteliti dalam penelitian ini, saran untuk peneliti selanjutnya agar dapat mengidentifikasi faktor tersebut guna perkembangan ilmu keperawatan kedepannya. Kata Kunci: Usia ibu, Paritas dan Status gizi, BBLR

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Usia ibu, Paritas dan Status gizi, BBLR
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Stikes Ngudia Husada Madura
Date Deposited: 19 Nov 2019 04:18
Last Modified: 25 Nov 2019 04:44
URI: http://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/145

Actions (login required)

View Item View Item