PERBEDAAN HASIL HITUNG JENIS LEUKOSIT PADA PASIEN DIABETES EMLLITUS TIPE II DENGAN LUKA DIABETIK DAN ORANG NORMAL (Studi Rs. Syamrabu Bangkalan)

Ansori, Akhmad Hakam (2019) PERBEDAAN HASIL HITUNG JENIS LEUKOSIT PADA PASIEN DIABETES EMLLITUS TIPE II DENGAN LUKA DIABETIK DAN ORANG NORMAL (Studi Rs. Syamrabu Bangkalan). Diploma thesis, STIKES NGUDIA HUSADA MADURA.

[img] Text
Abstrak .docx - Published Version

Download (16kB)

Abstract

Diabetes melitus (DM) merupakan sekumpulan gangguan metabolik yang ditandai dengan peningkatan kadar glukosa darah (hiperglikemia) akibat kerusakan pada sekresi insulin, kerja insulin atau keduanya. DM menginduksi defisiensi imunitas melalui beberapa mekanisme. Peningkatan kadar gula darah dapat menyebabkan terganggunya fungsi fagosit sel leukosit yang akan terkumpul di tempat peradangan. Pada penderita DM diketahui bahwa kadar glukosa yang sangat tinggi dan tidak terkontrol dalam waktu lama dapat menurunkan fungsi fagositosis oleh sel leukosit sehingga rentan terkena infeksi dan menyebabkan inflamasi. Peningkatan jumlah leukosit juga secara tipikal mengindikasikan adanya suatu infeksi dari perkembangan DM tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui jenis sel leukosit pada orang normal dan pasien DM dengan luka diabetik. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Analitik. Variabel penelitian ini yaitu jenis sel leukosit dan pasien DM. Populasi sebanyak pasien DM 91 di RS. Syamrabu Bangkalan, sedangkan sampel sebanyak 17 responden yaitu 15 Pasien DM dan 2 orang normal. Teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Pemeriksaan Hitung jenis sel leukosit menggunakian alat Hematology Analyzer. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hitung jenis sel leukosit pada Pasien DM tipe II dengan luka diabetik yaitu Basofil 0,48%, Neutrofil 72,01%, Limfosit 20,41%, Eosinofil 2,84%, Monosit 4,23%, sedangkan nilai rata-rata hitung jenis sel leukosit pada orang normal yaitu Basofil 1,05%, Neutrofil 42,10%, Limfosit 45,90%, Eosinofil 2,81% dan Monosit 8,07%. Dengan demikian, terdapat perbedaan antara Hitung jenis sel leukosit pada pasien DM tipe II dengan luka diabetik dengan Orang normal. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan bagi masyarakat untuk selalu menjaga pola makan dan hidup sehat. Kata Kunci : Pasien DM , Orang Normal, Hitung Jenis Sel Leukosit

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pasien DM , Orang Normal, Hitung Jenis Sel Leukosit
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: D3 Analis Kesehatan
Depositing User: Stikes Ngudia Husada Madura
Date Deposited: 19 Nov 2019 05:16
Last Modified: 25 Nov 2019 05:00
URI: http://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/153

Actions (login required)

View Item View Item