HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA (OTORITER) DENGAN TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK PRASEKOLAH 4-6 TAHUN (Studi di TK Dharma Wanita Socah Bangkalan)

Hakim, Lukmanul (2019) HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA (OTORITER) DENGAN TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK PRASEKOLAH 4-6 TAHUN (Studi di TK Dharma Wanita Socah Bangkalan). Undergraduate thesis, STIKes Ngudia Husada Madura.

[img] Text
abstrak.docx - Published Version

Download (22kB)

Abstract

Kemandirian adalah suatu kemampuan individu untuk mengatur dirinya sendiri dan tidak tergantung kepada orang lain. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di TK Dharma Wanita Socah Bangkalan di dapatkan data 10 anak didapatkan hasil bahwa sebanyak 6 anak (60%) tidak dapat melakukan segala aktivitas secara sendiri meskipun tetap dengan pengawasan orang dewasa, sedangkan 4 anak (40%) Dapat melakukan segala aktivitas secara sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orangtua (otoriter) dengan tingkat kemandirian anak usia prasekolah di TK Dharma Wanita Socah Bangkalan. Desain penelitian ini adalah survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Variabel independennya yaitu pola asuh orangtua (otoriter) sedangkan variabel dependen yaitu tingkat kemandian anak prasekolah. Populasi penelitian sejumlah 63 siswa di TK Dharma Wanita Socah Bangkalan dengan sampel 54 siswa. Tehnik sampling menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, kemudian di analisa menggunakan uji Pearson Chi Square. Penelitian ini telah dilakukan uji kelaikan etik yang dilaksanakan oleh KEPK STIKes Ngudia Husada Madura. Hasil penelitian, pola asuh orangtua pada anak usia prasekolah hampir seluruhnya dalam kategori otoriter dan tingkat kemandirian anak sebagian besar dalam kategori rendah. Berdasarkan hasil uji statistik Pearson Chi Square pola asuh orangtua (otoriter) dengan kemandirian anak yaitu ρ value : 0,011 < α : 0,05 menyatakan bahwa Ada hubungan antara pola asuh orangtua (otoriter) dengan tingkat kemandirian anak prasekolah. Berdasarkan hasil penelitian, maka perlu dilakukan penyuluhan sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian untuk memberikan informasi kepada keluarga tentang bagaimana cara merawat dan mengasuh anak sesuai dengan tumbuh kembang anak sehingga kemandirian anak bisa terpenuhi dan berjalan dengan baik. Kata Kunci: Pola asuh orangtua (otoriter), tingkat kemandirian anak prasekolah 4-6 tahun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pola asuh orangtua (otoriter), tingkat kemandirian anak prasekolah 4-6 tahun
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Stikes Ngudia Husada Madura
Date Deposited: 19 Nov 2019 05:22
Last Modified: 25 Nov 2019 05:05
URI: http://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/157

Actions (login required)

View Item View Item