PENGARUH TERAPI KOMPRES HANGAT DENGAN JAHE MERAH TERHADAP PENURUNAN NYERI SENDI ARTHRITIS RHEUMATOID PADA LANSIA (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Banyuanyar Sampang)

Ardiyan, M. Hanif Rizki (2019) PENGARUH TERAPI KOMPRES HANGAT DENGAN JAHE MERAH TERHADAP PENURUNAN NYERI SENDI ARTHRITIS RHEUMATOID PADA LANSIA (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Banyuanyar Sampang). Undergraduate thesis, STIKes Ngudia Husada Madura.

[img] Text
ABSTRAK HANIF.docx - Published Version

Download (32kB)

Abstract

Perubahan gaya hidup dan penurunan penggunaan system muskuloskletal adalah penyebab utama untuk kehilangan kekuatan otot. Salah satu penyakit yang sangat erat hubungannya dengan proses menua salah satunya gangguan pada persendian seperti arthritis rematoid. Faktor penyabab dari arthritis yaitu faktor genetik, jenis kelamin, usia. Dampak yang di timbulkan dari penyakit tersebut biasa menyebabkan kekakuan pada sendi sehingga menyebabkan nyeri pada sendi, deformitas, dan gangguan aktifitas sehari-hari. Solusi untuk mengatasi nyeri pada arthrithris yaitu menggunakan tehknik non farmakologi dengan menggunakan kompres hangat dengan jahe merah. Hasil studi pendahuluan dari 164 lansia terdapat 57 lansia mengalami arthrithis dan 8 dari 10 lansia mengalami nyeri sendi akibat arthtritis. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh terapi kompres hangat dengan jahe merah terhadap penurunan nyeri sendi arthritis rheumatoid pada lanisa di wilaya kerja Puskesmas Banyuanyar Sampang. Metode penelitian ini adalah quasy Experiment. Variabel independent adalah kompres hangat jahe merah. Variabel dependent adalah skala nyeri arthritis. Unit analisis penelitian ini adalah lansia yang mengalami arthtritis rheumatoid. sampel 26 lansia dengan menggunakan simple random sampling, pengumpulan data menggunakan lembar observasi skala nyeri numerik. Uji statistic menggunakan paired t-test, mann-whitney dengan α (0,05). Penelitian ini telah dilakukan uji kelaiakan etik yang dilaksanakan oleh KEPK STIKes Ngudia Husada Madura. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan skala nyeri pada kelompok perlakuan sebelum dan sesudah diberikan kompres hangat dengan jahe merah p=0,000<0,05, tidak ada perbedaan skala nyeri pada kelompok kontrol tanpa diberikan kompres hangat dengan jahe merah p=0,165<0,05, ada perbedaan skala nyeri antara kelompok perlakuan dan kontrol p=0,000<0,05. Penelitian selanjutnya diharapkan peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian menggunakan kombinasi kompres hangat dengan jahe merah dan kompres hangat dengan serei untuk menambah frekuensi waktu agar penurunan intensitas skala nyeri lebih maksimal. Kata Kunci: Kompres hangat jahe merah, nyeri sendi, arthritis Urheumatoid, lansia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kompres hangat jahe merah, nyeri sendi, arthritis Urheumatoid, lansia
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Stikes Ngudia Husada Madura
Date Deposited: 19 Nov 2019 05:39
Last Modified: 25 Nov 2019 06:07
URI: http://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/162

Actions (login required)

View Item View Item