PENGARUH PROMOSI KESEHATAN MENGGUNAKAN MEDIA BOOKLET TERHADAP KEMAMPUAN IBU DALAM MELAKUKAN STIMULASI TUMBUH KEMBANG PADA ANAK USIA (4-6 TAHUN) (Studi di TK Dharma Wanita Persatuan 03 Socah Bangkalan)

Maisyaroh, Maisyaroh (2019) PENGARUH PROMOSI KESEHATAN MENGGUNAKAN MEDIA BOOKLET TERHADAP KEMAMPUAN IBU DALAM MELAKUKAN STIMULASI TUMBUH KEMBANG PADA ANAK USIA (4-6 TAHUN) (Studi di TK Dharma Wanita Persatuan 03 Socah Bangkalan). Undergraduate thesis, STIKes Ngudia Husada Madura.

[img] Text
ABSTRAK Maisyaroh.docx

Download (32kB)

Abstract

Stimulasi merupakan kegiatan merangsang kemampuan dasar anak agar dapat berkembang secara optimal. Setiap anak perlu mendapat stimulasi secara rutin dan terus-menerus pada setiap kesempatan. Hasil studi pendahuluan didapatkan bahwa dari 10 responden orang tua menunjukkan 5 responden orang tua kurang bisa memberikan stimulasi tumbuh kembang anak. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa pengaruh promosi kesehatan menggunakan media booklet terhadap kemampuan ibu dalam melakukan stimulasi tumbuh kembang anak usia (4 - 6 tahun). Jenis penelitian ini adalah Quasy Experiment dengan rancangan two group pre test dan post test. Variabel independen promosi kesehatan menggunakan media booklet sedangkan variabel dependen kemampuan ibu dalam melakukan stimulasi tumbuh kembang. Jumlah populasinya 72 responden, jumlah sampel 30 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Probability Sampling secara Stratified Random Sampling, instrumen penelitian menggunakan kuisioner . Uji statistik menggunakan uji paired T test dengan α (0,05). Penelitian ini telah di lakukan uji kelayakan Etik yang dilaksanakan oleh KEPK STIKes Ngudia Husada Madura. Hasil penelitian menggunakan uji paired T test, pada kelompok pre dan post perlakuan didapatkan p value = 0,004 dan kelompok control pre dan post didapat p value = 0,004. Sedangkan pada pada uji paired T test kelompok perlakuan dan kelompok kontrol didapat p value = 0,106 > α : 0,05 sehingga H0 diterima, hal ini menunjukkan tidak ada perbedaan kemampuan ibu dalam melakukan stimulasi tumbuh kembang antara kelompok perlakuan mendapat promosi kesehatan menggunakan media booklet dan kelompok kontrol yang mendapat promosi kesehatan tanpa menggunakan media booklet di TK Dharma Wanita Persatuan 03 Socah Bangkalan. Pada penelitian selanjutnya, diharapkan menambah durasi waktu pemberian intervensi dengan media booklet sehingga hasil yang didapatkan maksimal atau menggunakan media lain seperti flipchart, poster dan lain sebagainya. Kata Kunci: Promosi Kesehatan, Booklet, Stimuplasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Promosi Kesehatan, Booklet, Stimuplasi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Stikes Ngudia Husada Madura
Date Deposited: 19 Nov 2019 06:01
Last Modified: 19 Nov 2019 06:01
URI: http://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/169

Actions (login required)

View Item View Item