PENGARUH PROMOSI KESEHATAN TERHADAP PERSEPSI, KOMITMEN SERTA PERILAKU IBU DALAM MEMENUHI POLA NUTRISI BAYI USIA 7-12 BULAN (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Socah)

Susanti, Melike Linda (2019) PENGARUH PROMOSI KESEHATAN TERHADAP PERSEPSI, KOMITMEN SERTA PERILAKU IBU DALAM MEMENUHI POLA NUTRISI BAYI USIA 7-12 BULAN (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Socah). Undergraduate thesis, STIKes Ngudia Husada Madura.

[img] Text
ABSTRAK Melike Linda Susanti.docx - Published Version

Download (35kB)

Abstract

Nutrisi merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan pada bayi. Berdasarkan hasil studi pendahuluan dari 10 orang didapatkan 8 ibu dalam memenuhi pola nutrisi bayi tidak sesuai dan 2 ibu dalam memenuhi pola nutrisi bayi sudah sesuai. Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh promosi kesehatan terhadap persepsi, komitmen serta perilaku ibu dalam memenuhi pola nutrisi pada bayi usia 7-12 bulan. Metode penelitian ini adalah Quasy Experiment. Variabel independen promosi kesehatan sedangkan variabel dependen persepsi, komitmen serta perilaku ibu. Jumlah sampel 34 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Uji ststistik menggunakan uji Wilcoxon, Paried T Test dan Mann Withney. Penelitian ini telah dilakukan uji kelaikan etik yang dilaksanakan oleh KEPK STIKes Ngudia Husada Madura. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan persepsi pada kelompok perlakuan sebelum dan sesudah diberikan promosi kesehatan p=0,001≤0,05, tidak ada perbedaan persepsi pada kelompok kontrol tanpa diberikan promosi kesehatan p=0,162≥0,05, ada perbedaan persepsi antara kelompok perlakuan dan kontrol p=0,000≤0,05, ada perbedaan komitmen pada kelompok perlakuan sebelum dan sesudah diberikan promosi kesehatan p=0,000≤0,05, tidak ada perbedaan komitmen pada kelompok kontrol tanpa diberikan promosi kesehatan p=0,157≥0,05, ada perbedaan komitmen antara kelompok perlakuan dan kontrol p=0,005≤0,05, ada perbedaan perilaku pada kelompok perlakuan sebelum dan sesudah diberikan promosi kesehatan p=0,000≤0,05, tidak ada perbedaan perilaku pada kelompok kontrol tanpa diberikan promosi kesehatan p=0,157≥0,05, ada perbedaan perilaku antara kelompok perlakuan dan kontrol p= 0,007≤0,05. Peneliti berharap promosi kesehatan menggunakan media modul dapat terus digunakan dalam memberi penyuluhan karena telah terbukti mempunyai pengaruh pada persepsi, komitmen serta perilaku. Kata Kunci: Promosi Kesehatan, Persepsi, Komitmen, Perilaku

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Promosi Kesehatan, Persepsi, Komitmen, Perilaku
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Stikes Ngudia Husada Madura
Date Deposited: 19 Nov 2019 06:14
Last Modified: 25 Nov 2019 06:51
URI: http://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/174

Actions (login required)

View Item View Item