Hubungan Kepercayaan Dan Tingkat Keseriusan Masalah Dengan Penanganan Kejang Demam Dirumah Menurut Konsep Health Belief Model (HBM) (Studi di Desa Martajasah Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan)

Mudarrisah, Mudarrisah (2019) Hubungan Kepercayaan Dan Tingkat Keseriusan Masalah Dengan Penanganan Kejang Demam Dirumah Menurut Konsep Health Belief Model (HBM) (Studi di Desa Martajasah Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan). Undergraduate thesis, STIKes Ngudia Husada Madura.

[img] Text
ABSTRAK MUDARISSAH.docx - Published Version

Download (31kB)

Abstract

Kejang demam adalah bangkitan kejang yang terjadi pada kenaikan suhu tubuh (38°C) yang di sebabkan oleh suatu proses ekstrakranium. Biasanya kejang demam terjadi pada anak usia 6 bulan sampai 5 tahun. Hasil studi pendahuluan pada tanggal 20 November bahwa di Desa Martajasah Kabupaten Bangkalan dari 10 ibu yang memiliki anak di dapatkan penanganan kejang demam baik 3 anak (30%), cukup 3 anak (30%), kurang 4 anak (40%). Dengan tujuan Menganalisis hubungan kepercayaan dan tingkat keseriusan masalah dengan penanganan anak kejang demam di rumah metode Health Belief Model (HBM). Desain penelitian menggunakan analitik dengan pendekatan cross sectional.Variabel independen yaitu kepercayaan dan tingkat keseriusan masalah.Variabel dependen yaitu penanganan kejang demam di rumah. Populasi 40 responden dan sampel 36 responden. Menggunakan metode Nonprobality Sampling secara pusposive sampling. Instrumen penelitian adalah kuesioner. Uji statistik menggunakan spearman rank α=0,05. Penelitian ini telah dilakukan uji kelaikan etik yang dilaksanakan oleh KEPK STIKes Ngudia Husada Madura. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepercayaan sedang sebagian besar penanganannya cukup (54,4%) dan tingkat kepercayaan baik sebagian besar penanganannya baik (88%). Berdasarkan uji spearman rank test didapatkan hasil ρ=0,006 disimpulkan ada hubungan antara tingkat kepercayaan dengan penanganan kejang demam.Hasil penelitian menunjukan tingkat keseriusan cukup sebagian besar memiliki penanganan serius (100%), tingkat keseriusan cukup sebagian besar penanganan relative serius (75%), dan tingkat keseriusan baik sebagian besar penanganan sangat serius (83,9%). Berdasarkan uji spearman rank test didapatkan hasil ρ=0,001 disimpulkan ada hubungan antara tingkat keseriusan masalah dengan penanganan kejang demam. Pada penelitian ini dan pada penelitian ini hanya menggunakan satu kelompok, oleh sebab itu kiranya peneliti lain melanjutkan penelitian tentang faktor tersebut dan melanjutkan penelitian ini menggunakan kelompok lain. Kata Kunci : Kepercayaan, Tingkat Keseriusan Masalah, Dan Penanganan Kejang Demam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan, Tingkat Keseriusan Masalah, Dan Penanganan Kejang Demam
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Stikes Ngudia Husada Madura
Date Deposited: 19 Nov 2019 06:50
Last Modified: 25 Nov 2019 07:12
URI: http://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/190

Actions (login required)

View Item View Item