PENGARUH PROMOSI KESEHATAN TERHADAP PENCEGAHAN STUNTING PADA IBU DENGAN BALITA USIA 1-3 TAHUN ( Studi di Desa Morombuh, Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan)

Suharyanto, Muh. Reza (2019) PENGARUH PROMOSI KESEHATAN TERHADAP PENCEGAHAN STUNTING PADA IBU DENGAN BALITA USIA 1-3 TAHUN ( Studi di Desa Morombuh, Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan). Undergraduate thesis, STIKes Ngudia Husada Madura.

[img] Text
ABSTRAK REZA.docx - Published Version

Download (34kB)

Abstract

Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standart usianya. Hasil studi pendahuluan didapatkan 6 responden rendah dalam pencegehan sanitasi lingkungan dan air bersih dengan presentase 60%, 2 responden rendah dalam pencegahan pola makan dengan presentase 20 %, dan 2 responden rendah dalam pola asuh dengan presentase 20%. Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh promosi kesehatan terhadap pencegahan stunting pada ibu dengan balita usia 1-3 tahun. Penelitian ini adalah pra-eksperimental dengan desain penelitian one group pre-post test design. Penelitian dilakukan di Desa Morombuh, Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan. Variabel independen adalah promosi kesehatan, variabel dependen adalah kerentanan, keparahan, isyarat untuk bertindak, dan manfaat. Populasi 224 ibu yang mempunyai balita usia 1-3 tahun, Pengambilan subjek menggunakan metode probality sampling dengan proportionate stratified random sampling, didapatkan sampel 142 ibu. Analisa data menggunakan uji wilcoxon. Penelitian ini dilakukan uji Kelaikan Etik yang dilaksanakan oleh KEPK STIKes Ngudia Husada Madura. Hasil analisa data dengan uji wilcoxon menunjukkan ada perbedaan kerentanan yang dirasakan terhadap pencegahan stunting (ρ= 0,000), ada perbedaan keparahan yang dirasakan terhadap pencegahan stunting (ρ= 0,000), ada perbedaan isyarat untuk bertindak terhadap pencegahan stunting (ρ= 0,000), ada perbedaan manfaat yang dirasakan terhadap pencegahan stunting (ρ= 0,000), Saran untuk peneliti selanjutnya bisa membuat kelompok lebih kecil dalam penyuluhan kepada ibu-ibu yang mempunyai usia sebaya sehingga penyuluhan dapat efektif dan dapat menambah informasi masyarakat dalam pencegahan Stunting. . Kata kunci :Promosi Kesehatan, Kerentanan, Keparahan, Isyarat untuk bertindak, Manfaat yang dirasakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Promosi Kesehatan, Kerentanan, Keparahan, Isyarat untuk bertindak, Manfaat yang dirasakan.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Stikes Ngudia Husada Madura
Date Deposited: 19 Nov 2019 06:53
Last Modified: 25 Nov 2019 07:14
URI: http://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/191

Actions (login required)

View Item View Item