PENGARUH TERAPI KELOMPOK SUPORTIF TERHADAP KEMANDIRIAN NUTRISI DAN INTERAKSI PASIEN SKIZOFRENIA (Studi di Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya)

Hamidiastini, Novia (2019) PENGARUH TERAPI KELOMPOK SUPORTIF TERHADAP KEMANDIRIAN NUTRISI DAN INTERAKSI PASIEN SKIZOFRENIA (Studi di Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya). Undergraduate thesis, STIKes Ngudia Husada Madura.

[img] Text
ABSTRAK Novia Hamidiastini.docx - Published Version

Download (31kB)

Abstract

Setiap orang memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan perawatan diri secara mandiri. Namun, pada pasien gangguan jiwa kronis sering mengalami ketidakpedulian merawat diri karena kelemahan kemampuan dalam melakukan atau melengkapi aktivitas perawatan diri. Berdasarkan hasil studi pendahuluan didapatkan data 1 bulan terakhir pasien skizofrenia rawat inap sebanyak 102 orang dengan 10 pasien mengalami defisit perawatan diri. Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh terapi kelompok suportif terhadap kemandirian nutrisi dan interaksi pasien skizofrenia di Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya. Desain penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan pre-post test control design. Jumlah populasinya 102 responden dan jumlah sampel 44 responden. Teknik sampel menggunakan simple random sampling, instrumen penelitian menggunakan cheklist. Uji statistik menggunakan uji Wilcoxon Test dan Mann Whitney Test dengan (p<0,05) Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan kemandirian nutrisi pada kelompok perlakuan sebelum dan sesudah diberikan terapi kelompok suportif p=0,000<0,05, ada perbedaan kemandirian nutrisi pada kelompok kontrol sebelum dan sesudah tanpa diberikan terapi kelompok suportif p=0,001<0,05, ada perbedaan kemandirian interaksi pada kelompok perlakuan sebelum dan sesudah diberikan terapi kelompok suportif p=0,000<0,05, ada perbedaan kemandirian nutrisi pada kelompok kontrol sebelum dan sesudah tanpa diberikan terapi kelompok suportif p=0,002<0,05, ada perbedaan kemandirian nutrisi pasien skizofrenia pada kelompok kontrol dan perlakuan p=0,000<0,05 dan ada perbedaan kemandirian interaksi pasien skizofrenia pada kelompok kontrol dan perlakuan p=0,000<0,05. Pada peneliti selanjutnya, diharapkan meneliti variabel lain yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan sehari-hari menurut teori orem, seperti kebutuhan akifitas dan istrahat, pencegahan dari bahaya serta perkembangan dalam kelompok sosial. Kata Kunci : Terapi Kelompok Suportif, Kemandirian, Skizofrenia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Terapi Kelompok Suportif, Kemandirian, Skizofrenia
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Stikes Ngudia Husada Madura
Date Deposited: 19 Nov 2019 07:05
Last Modified: 25 Nov 2019 07:07
URI: http://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/196

Actions (login required)

View Item View Item