MODEL PEMBERDAYAAN KELUARGA MELALUI FAKTOR BUDAYA DAN STRUKTUR SOSIAL DALAM PENCEGAHAN STUNTING

Dewi, Novilyana Siska (2019) MODEL PEMBERDAYAAN KELUARGA MELALUI FAKTOR BUDAYA DAN STRUKTUR SOSIAL DALAM PENCEGAHAN STUNTING. Undergraduate thesis, STIKes Ngudia Husada Madura.

[img] Text
ABSTRAK Novilyana Siska Dewi.docx - Published Version

Download (39kB)

Abstract

Stunting merupakan keadaan indeks tinggi badan menurut umur dibawah minus dua standar deviasi berdasarkan WHO. Pemberdayaan keluarga mampu memperkuat kemandirian keluarga dalam pencegahan stunting. Pentingnya pencegahan stunting yaitu untuk menurunkan morbiditas dan mortalitas. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh pemberdayaan dan kemandirian keluarga dalam pencegahan stunting. Desain penelitan yaitu observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Variabel eksogen faktor budaya dan struktur sosial dan variabel endogen yaitu pemberdayaan keluarga, kemandirian keluarga, pencegahan stunting dan kejadian stunting. Populasinya sebanyak 452 keluarga, sedangkan jumlah sampelnya 230 keluarga. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Uji statistik yang digunakan yaitu partial least square (PLS) dengan α > 0,5. Penelitian ini telah dilakukan uji Kelaiakan Etik yang dilaksanakan oleh KEPK STikes Ngudia Husada Madura NO : 0031/KEPK/STIKES-NHM/EC/II/2019. Hasil uji partial least square menunjukkan bahwa variabel eksogen budaya dan struktur sosial yaitu kekerabatan, ekonomi, nilai budaya memiliki pengaruh signifikan terhadap pemberdayaan keluarga dalam pencegahan stunting. Sedangkan untuk pendidikan tidak berpengaruh signifikan terhadap pemberdayaaan keluarga dalam pencegahan stunting. Pemberdayaan keluarga berpengaruh terhadap kemandirian keluarga, Kemandirian Keluarga berpengaruh terhadap pencegahan stunting oleh keluarga, Pencegahan stunting berpengaruh terhadap kejadian stunting dengan nilai α > 0,5. Sehingga dapat disimpulkan pemberdayaan keluarga memperkuat kemandirian keluarga dalam pencegahan stunting yang didukung oleh faktor budaya dan struktur sosial. Temuan baru dari penelitian ini adalah pemberdayaan dan kemandirian keluarga dalam pencegahan stunting dapat dibentuk melalui faktor budaya dan struktur sosial. Tugas keluarga adalah pemeliharaan fisik keluarga dan para anggota keluarga. Kata kunci : Stunting, pemberdayaaan keluarga, kemandirian keluarga, faktor budaya dan struktur sosial, pencegahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Stunting, pemberdayaaan keluarga, kemandirian keluarga, faktor budaya dan struktur sosial, pencegahan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Stikes Ngudia Husada Madura
Date Deposited: 19 Nov 2019 07:11
Last Modified: 25 Nov 2019 07:03
URI: http://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/198

Actions (login required)

View Item View Item