PENGARUH TERAPI AKUPUNKTUR DAN OVERGROUND WALKING (JALAN KAKI) TERHADAP KEKUATAN OTOT PASIEN PASCA STROKE ( Study di Desa Tragah Bangkalan)

Aini, Nur (2019) PENGARUH TERAPI AKUPUNKTUR DAN OVERGROUND WALKING (JALAN KAKI) TERHADAP KEKUATAN OTOT PASIEN PASCA STROKE ( Study di Desa Tragah Bangkalan). Undergraduate thesis, STIKes Ngudia Husada Madura.

[img] Text
ABSTRAK Nur Aini.docx - Published Version

Download (30kB)

Abstract

Stroke adalah penyakit peredaran darah otak yang mempunyai manifestasi klinis tergantung dari luas dan lokasi lesi yang terkena. Akibat dari terganggunya kebutuhan oksigen ke otak dapat menjadi manifestasi klinis berupa kelemahan sebagian atau seluruh anggota gerak dari tubuh sehingga pasien tidak mampu melakukan aktivitas karena kelemahan anggota gerak. Teknik akupunktur mampu meningkatkan perbaikan keseimbangan, mobilitas, kegiatan sehari-hari, kualitas hidupnya yang ditandai dengan peningkatan kekuatan otot. serta terapi overground waking yaitu latihan gerak yang bertujuan menguatkan kekuatan otot. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di Desa Tragah Bangkalan didapatkan dari 10 responden sekitar 8 responden mengalami kekuatan otot dengan skala 2 dan 2 responden mengalami kekuatan otot dengan skala 1. Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh terapi akupunktur dan overground walking terhadap kekuatan otot pasien pasca stroke. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasy eksperiment dengan pendekatan pre-post test control design. Jumlah populasinya 122 responden dan jumlah sampel 32 responden. Teknik sampel menggunakan simple random sampling, instrumen penelitian menggunakan cheklist. Uji statistik menggunakan uji Wilcoxon Test dan Mann Whitney Test dengan (p<0,05) Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan kekuatan otot pada kelompok perlakuan sebelum dan sesudah diberikan terapi akupunktur p=0,000<0,05, ada perbedaan kekuatan otot pada kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan overground walking p=0,046<0,05, ada perbedaan kekuatan otot pasien pasca stroke pada kelompok kontrol dan perlakuan p=0,002<0,05. Pada peneliti selanjutnya, diharapkan meneliti variabel lain seperti motivasi dan proses penyakit. Kata kunci : Terapi Akupunktur, Overground Walking, Pasca Stroke

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Terapi Akupunktur, Overground Walking, Pasca Stroke
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Stikes Ngudia Husada Madura
Date Deposited: 19 Nov 2019 07:25
Last Modified: 25 Nov 2019 03:36
URI: http://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/205

Actions (login required)

View Item View Item