PENGARUH PIJAT PUNGGUNG TEKHNIK EFFLEURAGE MENGGUNAKAN MINYAK AROMA TERAPI ROSE TERHADAP PRODUKSI ASI PADA IBU POST PARTUM NORMAL (Studi di Polindes Desa Soddara Kec.Pasongsongan Kab. Sumenep)

Safaat, Nurul (2019) PENGARUH PIJAT PUNGGUNG TEKHNIK EFFLEURAGE MENGGUNAKAN MINYAK AROMA TERAPI ROSE TERHADAP PRODUKSI ASI PADA IBU POST PARTUM NORMAL (Studi di Polindes Desa Soddara Kec.Pasongsongan Kab. Sumenep). Undergraduate thesis, STIKes Ngudia Husada Madura.

[img] Text
ABSTRAK Nurul Safaat.docx

Download (36kB)

Abstract

Ketidaklancaran produksi ASI merupakan tidak cukupnya produksi ASI untuk memenuhi kebutuhan bayi dan mendukung kenaikan berat badan bayi yang adekuat. Hasil studi pendahuluan dari 10 ibu post partum normal didapatkan 8 ibu mengalami ketidaklancaran produksi ASI dan 2 ibu mengalami kelancaran produksi ASI. Tujuan penelitian menganalisis pengaruh pijat punggung tekhnik effleurage menggunakan aroma terapi rose terhadap produksi ASI pada ibu post partum normal di Polindes Soddara, Kec. Pasongsongan Kab. Sumenep. Metode penelitian ini menggunakan desain Purposive Sampling. Variabel independen adalah pijat punggung tekhnik effleurage menggunakan aroma terapi rose, variabel dependen adalah produksi ASI. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 30 ibu post partum normal dengan besar sampel 28 ibu post partum normal menggunakan tekhnik Purposive Sampling. Sedangkan alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dengan uji statistik Wilcoxon dan Mann Whitney. Penelitian ini telah dilakukan uji Kelaikan Etik yang dilaksanakan oleh KEPK STIKes Ngudia Husada Madura. Hasil analisa data dengan uji Wilcoxon menunjukkan ada perbedaan antara nilai pretest dan postest pada kelompok perlakuan yang diberikan pijat punggung teknik effleurage menggunakan minyak aroma terapi rose (p= 0.001) maupun kelompok kontrol yang tidak diberikan pijat punggung teknik effleurage menggunakan minyak aroma terapi rose (p= 0.020). Hasil uji Mann Whitney (p= 0.000) ada pengaruh pijat punggung tekhnik effleurage menggunakan minyak aroma terapi rose terhadap produksi ASI pada ibu post partum normal Berdasarkan hasil penelitian, pijat punggung teknik effleurage menggunakan minyak aroma terapi rose dapat meningkatkan produksi ASI sehingga diharapkan hasil penelitian ini dapat diaplikasikan oleh perawat dalam pemberian asuhan keperawatan pada ibu nifas. Kata kunci :Pijat Punggung Effleurage, Aroma Terapi Rose, Produksi ASI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pijat Punggung Effleurage, Aroma Terapi Rose, Produksi ASI
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Stikes Ngudia Husada Madura
Date Deposited: 19 Nov 2019 08:05
Last Modified: 25 Nov 2019 03:12
URI: http://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/221

Actions (login required)

View Item View Item