PENGARUH TERAPI PEMAAFAN TERHADAP PERILAKU KEKERASAN PADA PASIEN GANGGUAN JIWA (Studi di Ruang Flamboyan Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya)

Putrana, Rifqi Oktavian (2019) PENGARUH TERAPI PEMAAFAN TERHADAP PERILAKU KEKERASAN PADA PASIEN GANGGUAN JIWA (Studi di Ruang Flamboyan Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya). Undergraduate thesis, STIKes Ngudia Husada Madura.

[img] Text
ABSTRAK Rifqi Oktavian P.docx

Download (32kB)

Abstract

Perilaku kekerasan merupakan salah satu respon terhadap stresor yang di hadapi oleh seseorang.Berdasarkan hasil studi pendahuluandidapatkan data 6 bulan terakhir pasien gangguan jiwa rawat inap dengan perilaku kekerasan sebanyak 92 pasien.Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh terapi pemaafan terhadap perilaku kekerasan pada pasien gangguan jiwadi Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan desain Quasi-eksperimental. Variabel independen adalah terapi pemaafan, variabel dependen adalah perilaku kekerasan. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 92 pasien perilaku kekerasan dengan besar sampel 50pasien perilaku kekerasan menggunakan tekhnik simple random sampling. Sedangkan alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi skor RUFA dengan uji statistik Wilcoxon danMann Whitney. Penelitian ini telah dilakukan uji Kelaikan Etik yang dilaksanakan oleh KEPK STIKes Ngudia Husada Madura. Hasil analisa data dengan uji Wilcoxonmenunjukkan ada perbedaan perilaku kekerasan sebelum dan setelah tanpa diberikan terapi pemaafan pada kelompok perlakuan (P value0,004 < 0.05). Hasil uji statistic menggunakan uji Wilcoxon dengan (P value 0,977 > 0.05), dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan perilaku kekerasan sebelum dan setelah tanpa diberikan terapi pemaafan pada kelompok kontrol. Hasil uji Mann Whitney didapatkan hasil (P value 0,016<0.05), dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh terapi pemaafan terhadap perilaku kekerasan pada pasien gangguan jiwa di Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya. Bagi penelitian selanjutnya diharapkandapat menggunakan intervensi pemaafan sebagai psikoterapi dalam menangani masalah sosial baik upaya preventif maupun kuratif. Diharapkan juga bagi penelitian selanjutnya untuk lebih mendalami kondisi fisik dan latar belakang subjek. Kata Kunci : Terapi Pemaafan, Perilaku Kekerasan, Gangguan Jiwa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Terapi Pemaafan, Perilaku Kekerasan, Gangguan Jiwa
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Stikes Ngudia Husada Madura
Date Deposited: 19 Nov 2019 08:35
Last Modified: 25 Nov 2019 02:54
URI: http://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/233

Actions (login required)

View Item View Item