HUBUNGAN PERAN ORANG TUA DAN AKTIVITAS BERMAIN SERTA PELATIHAN ASERTIVITAS DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN (Studi diTK Dharma Wanita Socah Bangkalan)

Abdul, Riza Anisha (2019) HUBUNGAN PERAN ORANG TUA DAN AKTIVITAS BERMAIN SERTA PELATIHAN ASERTIVITAS DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN (Studi diTK Dharma Wanita Socah Bangkalan). Undergraduate thesis, STIKes Ngudia Husada Madura.

[img] Text
ABSTRAK Riza Anisha.docx

Download (31kB)

Abstract

Kecerdasan emosional merupakan kemampuan emosi yang meliputi kemampuan untuk mengendalikan diri, memiliki daya tahan ketika menghadapi suatu masalah, mampu mengendalikan impuls, memotivasi diri, mampu mengatur suasana hati, kemampuan berempati, dan membina hubungan dengan orang lain. Berdasarkan studi pendahuluan yang di lakukan tanggal 30 November 2018 di TK Dharma Wanita socah kabupaten bangkalan terdapat 10 anak usia 5-6 tahun terdapat 5 anak (50%) yang memiliki kecerdasan emosional yang kurang. Tujuanpenelitianmenganalisi hubungan peran orang tua, aktivitas bermain dan pelatihan asertivitas dengan kecerdasan emosional pada anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Socah Kabupaten Bangkalan. Desain penelitian adalah analitik dengan pendekatan cross sectional.Variabelindependen adalah peran orang tua, aktivitas bermain dan pelatihan asertivitas. sedangkan variabel dependen yaitu kecerdasan emosional. Populasi 43 responden dan sampel 39 responden.Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling secara simple random sampling.instrumen penelitian menggunakan kuisioner. Uji statistik menggunakan spearman rank dengan α= 0,05. Penelitianinitelah di lakukanujikelaikanEtik yang dilaksanakanoleh KEPK STIKesNgudiaHusada Madura. Hasil uji statistik dengan uji spearman rank ρ value = 0,049 < α= 0,05 didapat Ho ditolak bahwa ada hubungan antara peran orang tua dengan kecerdasan emosional anak usia 5-6 tahun, uji statistik dengan uji spearman rank ρ value =0,028 < α= 0,05 didapat Ho ditolak bahwa ada hubungan antara aktivitas bermain dengan kecerdasan emosional anak usia 5-6 tahun, uji statistik dengan uji spearman rank ρ value = 0,012 < α= 0,05 Ho di tolak bahwa ada hubungan antara pelatihan assertivitas dengan kecerdasan emosional anak usia 5-6 tahun. Pada penelitian selanjutnya masihterdapatbeberapafaktor lain sepertilingkungandantemansebayapadapenelitianini,olehsebabitukiranyapeneliti lain melanjutkanpenelitiantentang faktor tersebutdanmelanjutkanpenelitianini. Kata Kunci: Peran Orang Tua, Aktivitas Bermain, Pelatihan Asertivitas, Kecerdasan Emosional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Aktivitas Bermain, Pelatihan Asertivitas, Kecerdasan Emosional
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Stikes Ngudia Husada Madura
Date Deposited: 19 Nov 2019 08:49
Last Modified: 25 Nov 2019 02:44
URI: http://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/241

Actions (login required)

View Item View Item