HUBUNGAN BEBAN KERJA DENGAN STRES KERJA DAN BURNOUT SYNDROME PERAWAT ( Studi di Ruang Instalasi Gawat Darurat RSUD Wilayah Madura )

Safi’i, Safi’i (2019) HUBUNGAN BEBAN KERJA DENGAN STRES KERJA DAN BURNOUT SYNDROME PERAWAT ( Studi di Ruang Instalasi Gawat Darurat RSUD Wilayah Madura ). Undergraduate thesis, STIKes Ngudia Husada Madura.

[img] Text
ABSTRAK Safi.docx - Published Version

Download (30kB)

Abstract

Beban kerja perawat adalah seluruh kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh seorang perawat selama bertugas di suatu unit pelayanan keperawatan. Hasil studi pendahuluan dari 10 perawat didapatkan 8 perawat mengalami beban kerja berat dan 2 perawat mengalami beban kerja sedang. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan beban kerja dengan stres kerja dan mengetahui hubungan beban kerja dengan burnout syndrome. Desain penelitian ini adalah Analitic Correlative dan rancangan yang digunakan Cross-sectional dengan variabel independen beban kerja dan variabel dependen stres kerja dan burnout syndrome dengan populasi 55 Perawat. Besar sampel menggunakan total populasi yaitu 55 perawat pengumpulan data menggunakan kuisoner. Penelitian ini telah dilakukan uji kelaikan etik yang dilaksanakan oleh KEPK STIKes Ngudia Husada Madura. Hasil penelitian menunjukan bahwa hampir seluruhnya perawat mengalami beban kerja berat (47,3%), stres kerja tinggi (43,6%) dan burnout syndrome tinggi (40%). Hasil tabulasi silang didapatkan perawat yang mengalami beban kerja ringan maka stres kerja dan burnout syndrome perawat sebagian besar rendah, perawat yang mengalami beban kerja sedang maka stres kerja dan burnout syndrome perawat sebagian besar sedang, perawat yang mengalami beban kerja berat maka stres kerja dan burnout syndrome perawat sebagian besar tinggi. Dari hasil penelitian ini saran yang dapat diberikan kepada perawat adalah meminimalisir stres yang akan berdampak terhadap pasien. Untuk peneliti selanjutnya agar menghubungan variabel lainnya dari dampak beban kerja seperti beban kerja dengan waktu tanggap dan beban kerja dengan kepuasan pasien. Kata Kunci : Beban Kerja, Stres Kerja, Burnout Syndrome

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Beban Kerja, Stres Kerja, Burnout Syndrome
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Stikes Ngudia Husada Madura
Date Deposited: 25 Nov 2019 02:18
Last Modified: 25 Nov 2019 03:14
URI: http://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/249

Actions (login required)

View Item View Item