HUBUNGAN PERSEPSI ORANG TUA DENGAN PELAKSANAAN KHITAN PADA BAYI PEREMPUAN (Di Desa Banyuajuh Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan)

Faizah, Siti (2019) HUBUNGAN PERSEPSI ORANG TUA DENGAN PELAKSANAAN KHITAN PADA BAYI PEREMPUAN (Di Desa Banyuajuh Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan). Undergraduate thesis, STIKes Ngudia Husada Madura.

[img] Text
1. Abstack.doc - Published Version

Download (45kB)

Abstract

Khitan atau sunat telah menjadi bagian dari tradisi yang menyatu dalam siklus kehidupan sosial masyarakat muslim di Indonesia. Idealnya khitan dilakukan oleh tenaga kesehatan, namun masih ada yang melakukan pada tenaga non kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan persepsi orang tua dengan pelaksanaan khitan pada bayi perempuan di Desa Banyuajuh Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan. Desain penelitian ini termasuk Analitik Korelatif Non Eksperimental dengan pendekatan “Cross Sectional”. Populasinya yaitu sebanyak 50 responden, dengan jumlah sampel sebanyak 44 orang tua bayi perempuan di Desa Banyuajuh Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan. Tekhnik sampling yang digunakan yaitu Purposive Sampling. Pengumpulan data untuk tiap variabel menggunakan kuesioner, analisis yang digunakan yaitu uji Fisher’s Exact. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa 44 responden yang mempunyai persepsi yang positif sebesar (70,5%), sedangkan yang memiliki persepsi yang negatif sebesar (29,5%). Untuk pelaksanaan khitan pada bayi perempuan yang masih melaksanakan tradisi khitan sebanyak (81,8%), dan yang tidak melaksanakan sebanyak (18,2%). Dari hasil analisis menggunakan uji Fisher’s Exact menunjukkan nilai probability lebih kecil dari nilai taraf signifikan yang diharapkan yaitu (0,037) < (0,05), yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan ada hubungan antara persepsi orang tua dengan pelaksanaan khitan pada bayi perempuan di Desa Banyuajuh Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan. Hasil penelitian ini diharapkan kepada tenaga kesehatan agar dapat memberikan pemahaman bagi masyarakat untuk melakukan khitan pada tenaga kesehatan. Kata Kunci : Persepsi Orang Tua, Pelaksanaan Khitan Bayi Perempuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Orang Tua, Pelaksanaan Khitan Bayi Perempuan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Stikes Ngudia Husada Madura
Date Deposited: 25 Nov 2019 03:19
Last Modified: 25 Nov 2019 03:19
URI: http://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/258

Actions (login required)

View Item View Item