HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN SMARTPHONE DENGAN KUALITAS TIDUR PADA ANAK SEKOLAH DASAR KELAS IV SAMPAI VI DI SDN 2 MLAJAH BANGKALAN ( Studi di SDN 2 Mlajah )

FARUQ, UMAR (2019) HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN SMARTPHONE DENGAN KUALITAS TIDUR PADA ANAK SEKOLAH DASAR KELAS IV SAMPAI VI DI SDN 2 MLAJAH BANGKALAN ( Studi di SDN 2 Mlajah ). Undergraduate thesis, STIKes Ngudia Husada Madura.

[img] Text
ABSTRAK UMAR FARUQ.docx - Published Version

Download (32kB)

Abstract

Tidur merupakan kebutuhan dasar yang dibutukan oleh semua orang. Pada anak usia 6-12 tahun (masa sekolah) memiliki kebutuhan tidur selama 10 jam/hari di mulai pada jam 20.30. Dari hasil studi pendahuluan didapatkan hasil bahwa 7 siswa mengalami gangguan tidur dengan indikator tidur selama 8 jam dan 3 siswa tidak mengalami gangguan tidur dengan indikator tidur selama 10 jam. Tujuan dari penelitian ini Menganalisis hubungan antara intensitasitas penggunaan smartphone dengan kualitas tidur anak sekolah dasar kelas IV sampai VI di SDN 2 Mlajah Bangkalan. Penelitian ini menggunakan cross sectional. variabel independen adalah intensitas penggunaan smartphone sedangkan variabel dependen adalah kualitas tidur pada anak sekolah dasar. Jumlah sampel 142 yang diambil secara Probability Sampling dengan tekhnik Proportionate Stratified Random Sampling, cara pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan analisis data menggunakan uji Spearman rank dengan a = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak intensitas penggunaan smartphone dengan kualitas tidur yang kurang yaitu dengan persentase 7,7%, anak intensitas penggunaan smartphone dengan kualitas tidur cukup yaitu dengan persentase 76,9%, dan intensitas penggunaan smartphone dengan kualitas tidur baik yaitu dengan persentase 15,4%. Berdasarkan uji statistic menunjukan bahwa p value = 0,003 <0,05, sehingga dapat di tarik kesimpulan bahwa ada hubungan antara intensitas penggunaan smartphone dengan kualitas tidur. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan masukan untuk penelitian lebih lanjut tentang faktor lain yang dapat mengganggu kualitas tidur pada anak sedangkan bagi orang tua responden diharapkan dapat mengontrol dan membatasi dalam penggunaan smartphone anak tidak lebih dari 1 jam perhari. Dapat di jadikan sebagai bahan masukan bagi institusi terkait dalam memberikan pendidikan dampak dari penggunaan smartphone yang berlebihan. Kata Kunci : Smartphone, Kualitas Tidur, Anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Smartphone, Kualitas Tidur, Anak
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Stikes Ngudia Husada Madura
Date Deposited: 25 Nov 2019 04:25
Last Modified: 25 Nov 2019 04:25
URI: http://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/270

Actions (login required)

View Item View Item