Hubungan Usia Ibu, Latar Belakang Budaya dan Pengalaman Dengan Keyakinan Ibu Dalam Pemberian Imunisasi Pada Bayi Usia 0-12 Bulan (Studi di Desa Gigir Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan)

Novitasari, Widya (2019) Hubungan Usia Ibu, Latar Belakang Budaya dan Pengalaman Dengan Keyakinan Ibu Dalam Pemberian Imunisasi Pada Bayi Usia 0-12 Bulan (Studi di Desa Gigir Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan). Undergraduate thesis, STIKes Ngudia Husada Madura.

[img] Text
ABSTRAK WIDYA.docx - Published Version

Download (29kB)

Abstract

Imunisasi adalah upaya untuk meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit, sehingga suatu saat terpapar dengan penyakit tersebut tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di Desa Gigir Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan dengan menggunakan kuesioner keyakinan ibu terhadap 10 responden di dapatkan 4 responden berkeyakinan rendah, 2 responden berkeyakinan cukup dan 4 responden berkeyakinan baik terhadap pemberian imunisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan usia ibu, latar belakang budaya dan pengalaman dengan keyakinan ibu dalam pemberian imunisasi pada bayi usia 0-12 bulan di Desa Gigir Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan. Desain penelitian adalah analitik dengan pendekatan cross sectional. Variabel independen yaitu usia ibu, latar belakang budaya dan pengalaman. Variabel dependen yaitu keyakinan ibu. Popuasi sebanyak 43 responden dan sampel sebanyak 39 responden. Menggunakan metode probability samples secara simple random sampling. Instrumen penelitian adalah kuesioner penelitian. Uji statistik menggunakan spearman rank dengan α= 0,05. Penelitian ini telah dilakukan uji kelaikan etik yang dilaksanakan oleh KEP STIKes Ngudia Husada Madura. Hasil uji statistik dengan uji spearman rank p value 0,009 < α= 0,05 didapat Ho ditolak yang artinya ada hubungan antara usia ibu dengan keyakinan ibu. Hasil uji statistik dengan uji spearman rank p value 0,001 < α= 0,05 didapat Ho ditolak yang artinya ada hubungan antara latar belakang budaya dengan keyakinan ibu. Hasil uji statistik dengan uji spearman rank p value 0,000 < α= 0,05 didapat Ho ditolak yang artinya ada hubungan antara pengalaman dengan keyakinan ibu. Pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat memilih faktor lain seperti : jenis kelamin, kepribadian, kelas sosial, tekanan sosial dan pengetahuan sehingga lebih mengetahui faktor penyebab keyakinan ibu dalam pemberian imunisasi. Kata Kunci : Usia Ibu, Latar Belakang Budaya, Pengalaman, dan Keyakinan Ibu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Usia Ibu, Latar Belakang Budaya, Pengalaman, dan Keyakinan Ibu
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Stikes Ngudia Husada Madura
Date Deposited: 25 Nov 2019 05:05
Last Modified: 25 Nov 2019 05:05
URI: http://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/278

Actions (login required)

View Item View Item