Hubungan Riwayat Persalinan, Sosial Ekonomi dan Dukungan Keluarga Dengan Kejadian Postpartum Blues di Ruang IRNA C RSUD Syarifah Ambami Rato Ebuh Bangkalan

Kamila, Anggun (2019) Hubungan Riwayat Persalinan, Sosial Ekonomi dan Dukungan Keluarga Dengan Kejadian Postpartum Blues di Ruang IRNA C RSUD Syarifah Ambami Rato Ebuh Bangkalan. Undergraduate thesis, STIKes Ngudia Husada Madura.

[img] Text
Abstrak.docx

Download (13kB)

Abstract

Postpartum blues yang dialami wanita setelah bersalin merupakan gangguan perasaan yang dialami oleh ibu setelah melahirkan dimana yang ibu merasakan kesedihan, kehilangan energi, susah berkonsentrasi, perasaan bersalah dan tidak berharga. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh 42 ibu yang mengalami postpartum blues. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan antara riwayat persalinan, sosial ekonomi, dan dukungan keluarga dengan kejadian postpartum blues di Ruang Irna C RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu Bangkalan. Metode penelitian menggunakan survey analitik, desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Variabel independen penelitian ini riwayat persalinan, sosial ekonomi, dukungan keluarga, variabel dependen postpartum blues pada ibu nifas. Teknik sampling menggunakan symple random sampling didapatkan sebanyak 32 responden. Instrumen menggunakan wawancara dan quesioner untuk mengukur kejadian postpartum blues. Teknik analisis data menggunakan uji Lambda α = 0,05. Hasil uji statistik riwayat persalinan didapatkan nilai ρ value = 0,076 Ho diterima disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara riwayat persalinan dengan kejadian postpartum blues, hasil uji statistik sosial ekonomi ρ value=0,071 Ho ditolak disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara sosial ekonomi dengan kejadian postpartum blues, dan hasil uji statistik dukungan keluarga ρ value=0,013 maka Ho diterima disimpulkan bahwa ada hubungan antara dukungan keluarga dengan kejadian postpartum blues. Berdasarkan hasil penelitian, upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan cara memberikan penyuluhan tentang postpartum blues serta menganjurkan ibu untuk mempersiapkan persalinan untuk membantu ibu melewati masa persalinan tanpa komplikasi sehingga ibu dapat menuju masa nifas yang baik dan dapat mengurangi resiko terjadinya postpartum blues.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: riwayat persalinan, sosial ekonomi, dukungan keluarga, postpartum blues
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: D4 Kebidanan
Depositing User: Stikes Ngudia Husada Madura
Date Deposited: 11 Aug 2020 01:21
Last Modified: 11 Aug 2020 01:21
URI: http://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/303

Actions (login required)

View Item View Item