GAMBARAN SUMBER INFORMASI, DUKUNGAN SUAMI DAN BUDAYA PADA AKSEPTOR YANG TIDAK MENGGUNAKAN KONTRASEPSI IUD (Studi di Pustu Larangan Badung Kec Palengaan Kab Pamekasan)

Maryam, Siti (2019) GAMBARAN SUMBER INFORMASI, DUKUNGAN SUAMI DAN BUDAYA PADA AKSEPTOR YANG TIDAK MENGGUNAKAN KONTRASEPSI IUD (Studi di Pustu Larangan Badung Kec Palengaan Kab Pamekasan). Undergraduate thesis, STIKes Ngudia Husada Madura.

[img] Text
Abstrak.doc

Download (96kB)

Abstract

Alat kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR) adalah suatu alat kontrasepsi modern yang telah dirancang sedemikian rupa yang dimasukkan kedalam rahim yang sangat efekif, revesibel dan berjangka panjang, dan dapat dipakai oleh semua perempuan usia reproduktif sebagai suatu usaha pencegahan kehamilan. Berdasarkan hasil study pendahuluan tahun 2018 didapatkan bahwa masih rendahnya penggunaan kontrasepsi IUD yaitu (7,5%). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran informasi, dukungan suami dan budaya terhadap pemilihan pemakaian kontrasepsi IUD di Pustu Larangan Badung Kec Palengaan Kab Pamekasan. Desain pada penelitian menggunakan deskriptif. variabelnya adalah media informasi, dukungan suami, dan budaya terhadap pemilihan pemakaian kontrasepsi IUD. Populasi penelitian ini akseptor KB yang bukan IUD sebanyak 30 responden di Pustu Larangan Badung, Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan di tabulasi dalam bentuk distribusi frekuensi dan prosentase. Pada penelitian ini sudah dilakukan uji kelayakan etik yang di laksanakan oleh KEPK Stikes Ngudia Husada Madura. Hasil penelitian ini diperoleh sebagian besar akseptor KB yang tidak menggunakan IUD memperoleh informasi tentang kontrasepsi IUD dari tenaga kesehatan sebanyak 13 (43,3%), memperoleh dukungan suami yang cukup dan kurang sebanyak 13 (43,3%) dan memiliki budaya yang positif sebanyak 18 (60%). Diharapkan seorang Bidan mampu mengoptimalkan pemahaman pasangan suami istri dan tokoh masyarakat tentang kontrasepsi IUD, serta perlu meningkatkan informasi dari media sosial dengan cara mengoptimalkan peran media sosial untuk sosialisasi tentang kontrasepsi IUD sehingga masyarakat tidak salah persepsi tentang kontrasepsi IUD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: infromasi, dukungan suami, budaya, kontrasepsi IUD
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: D4 Kebidanan
Depositing User: Stikes Ngudia Husada Madura
Date Deposited: 12 Aug 2020 02:56
Last Modified: 12 Aug 2020 02:56
URI: http://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/309

Actions (login required)

View Item View Item