HUBUNGAN USIA, PARITAS, RIWAYAT KETUBAN PECAH DINI DAN PREEKLAMSIA DENGAN KEJADIAN KETUBAN PECAH DINI (Di RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu Bangkalan Kab.Bangkalan)

Asizah, Asizah (2019) HUBUNGAN USIA, PARITAS, RIWAYAT KETUBAN PECAH DINI DAN PREEKLAMSIA DENGAN KEJADIAN KETUBAN PECAH DINI (Di RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu Bangkalan Kab.Bangkalan). Undergraduate thesis, STIKes Ngudia Husada Madura.

[img] Text
abstrak.docx

Download (33kB)

Abstract

Ketuban pecah dini adalah pecahnya ketuban sebelum waktunya tanpa disertai tanda inpartu, sebagian besar pecahnya ketuban secara dini terjadi sekitar usia kehamilan 37 minggu.Berdasarkan hasil pendahuluan, diperoleh data 37 ibu yang mengalami ketuban pecah dini. Tujuan Menganalisis hubungan usia, paritas, riwayat ketuban pecah dini dan preeklamsia dengan kejadian ketuban pecah dini di RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu Bangkalan. Metode yang digunakan adalah survey analitik, desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Variabel independen penelitian ini usia, paritas, riwayat KPD, dan preeklamsia. Variabel dependen adalah ketuban pecah dini. Populasi adalah 37 responden dengan sampel 34 responden dengan teknik simple random sampling. Uji statistic menggunakan lambda, chi square dan regresi logistic. Instrument penelitian menggunakan rekam medis. Penelitian ini telah dilakukan uji kelaikan etik yang dilaksanakan oleh KEPK STIKes Ngudia Husada Madura. Hasil uji statistik usia didapatkan nilai ρ value = 0,025, paritasρ= 0,002, riwayat KPD ρ= 0,046, preeklamsiaρ= 0,013maka H0 di tolak., disimpulkan bahwa ada hubungan antara usia, paritas, riwayat KPD, dan preeklamsia dengan kejadian ketuban pecah dini. Hasil uji regresi logistik didapatkan dari 4 variabel tidak ada hubungan yang signifikan dengan kejadiyan ketuban pecah dini di RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu Bangkalan. Berdasarkan hasil penelitian, upaya-upaya yang dapat dilakukanya itu dapat dilakukan deteksi dini dengan melakukan pemeriksaan kehamilan pada ibu untuk memastikan usia kehamilan. Penyuluhan selama kehamilan khususnya mengenai polaistirahatibu, pekerjaan-pekerjaan yang perludihindarisaathamil, kebersihan diri terutama jalan lahir, dan tindakan yang harus dilakukan ibu bila didapatkan ketuban pecah sebelum waktunya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: KPD, usia, paritas, riwayat KPD, preeklampsi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: D4 Kebidanan
Depositing User: Stikes Ngudia Husada Madura
Date Deposited: 11 Aug 2020 01:23
Last Modified: 11 Aug 2020 01:23
URI: http://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/318

Actions (login required)

View Item View Item