Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Metode Peer Group Terhadap Minat Remaja Putri Tentang Pencegahan Primer Kanker Serviks di SMA Dharma Wanita 4 Taman Sidoarjo

Purwanti, Dwi (2019) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Metode Peer Group Terhadap Minat Remaja Putri Tentang Pencegahan Primer Kanker Serviks di SMA Dharma Wanita 4 Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, STIKes Ngudia Husada Madura.

[thumbnail of Abstrak.docx] Text
Abstrak.docx

Download (12kB)

Abstract

Kanker serviks merupakan jenis tumor ganas terbanyak kedua di dunia yang menyebabkan kematian. Kurangnya informasi tentang pencegahan primer kanker serviks menyebabkan rendahnya minat remaja. Hasil studi pendahuluan terhadap 10 siswi, didapatkan 55% siswi memiliki minat kurang dalam pencegahan primer kanker serviks. Upaya meningkatkan minat dengan pendidikan kesehatan melalui metode peer group. Tujuan penelitian menganalisis pengaruh pendidikan kesehatan melalui metode Peer Group terhadap minat remaja putri dalam pencegahan primer kanker serviks di SMA Dharma Wanita 4 Taman Sidoarjo. Desain penelitian Quasy Experiment pendekatan pre post test control design. Variabel independennya Pendidikan kesehatan melalui metode peer group, variabel dependennya minat. Populasinya siswi kelas X, XI di SMA Darma Wanita 4 Taman Sidoarjo. Sampel 32 siswi diambil secara simple random sampling. Instrumennya kuesioner, diuji t paired dan independent t test dengan tingkat kemaknaan 0,05. Dilakukan uji etik, disetujui komisi etik STIKes Ngudia Husada Madura. Hasil penelitian kelompok Intervensi ada peningkatan rata-rata minat 7,438, menggunakan uji t paired didapatkan nilai ρ value = (0,001<0,05), berarti ada pengaruh pemberian pendidikan terhadap minat tentang pencegahan primer kanker serviks, pada kelompok kontrol terdapat peningkatan rata-rata minat sebesar 1,063, Uji t paired didapatkan nilai ρ value = 0,359, berarti tidak ada perbedaan minat remaja putri tentang pencegahan primer kanker serviks sebelum dan sesudah tanpa pelakuan. Hasil independent t test didapatkan nilai ρ value = (0,003<0,05), berarti ada perbedaan minat remaja putri kelompok intervensi dan kontrol. Diharapkan remaja putri mengikuti pendidikan kesehatan melalui metode peer group karena sangat efektif meningkatkan minat remaja, tenaga kesehatan dapat melakukan pendidikan kesehatan melalui metode peer group secara berkala mengenai kesehatan reproduksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pendidikan kesehatan peer group, kanker serviks
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: D4 Kebidanan
Depositing User: Stikes Ngudia Husada Madura
Date Deposited: 23 Jan 2020 04:01
Last Modified: 23 Jan 2020 04:01
URI: https://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/319

Actions (login required)

View Item View Item