Karakteristik Ibu Nifas Yang Mengalami Subinvolusi Uterus Ditinjau Dari faktor Usia, Paritas, Menyusui, Mobilisasi Dini Dan Komplikasi

Badriyah, Lailatul (2019) Karakteristik Ibu Nifas Yang Mengalami Subinvolusi Uterus Ditinjau Dari faktor Usia, Paritas, Menyusui, Mobilisasi Dini Dan Komplikasi. Undergraduate thesis, STIKes Ngudia Husada Madura.

[img] Text
Abstrak.docx

Download (29kB)

Abstract

Subinvolusi adalah kegagalan uterus untuk mengikuti pola normal involusi. Berdasarkan studi pendahuluan di Bpm Hj. Maulidawati S,ST Arosbaya Bangkalan diperoleh hasil dari 33 ibu nifas yaitu nifas fisiologis sebanyak 25 ibu nifas, 5 ibu nifas mengalami perlambatan yang di sebabkan oleh terdapat sisa plasenta dan selaput plasenta di dalam uterus, yang ditandai perdarahan aktif, kontraksi uterus tidak baik dan TFU tidak sesuai, 2 ibu nifas mengalami pecepatan uterus kurang dari 2 minggu, 3 ibu nifas diantaranya mengalami involusi uterus secara normal (2 minggu). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik ibu nifas yang mengalami subinvolusi uterus ditinjau dari usia ibu, paritas, menyusui, mobilisasi dini dan komplikasi. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Pengolahan data menggunakan komputer dengan teknik editing, coding, tabulating. Analisa data dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi. Penelitian ini sudah di uji etik oleh tim KEPK STIkes Ngudia Husada Madura. Berdasarkan hasil penelitian bahwa ibu nifas yang mengalami subinvolusi uterus menggambarkan faktor usia <35 th seluruhnya ibu nifas, seluruhnya paritas pada grande multipara, sebagian besar ibu nifas tidak menyusui dan sebagian kecil ibu nifas yang menyusui, sebagian besar ibu nifas yang kurang melakukan mobilisasi dini dan sebagian kecil ibu nifas yang baik melakukan mobilisasi dini. Disarankan bagi tenaga kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan ibu tentang resiko subinvolusi ditinjau dari faktor usia, paritas, menyusui, mobilisasi dini. Diharapkan juga memberikan pendidikan kesehatan mengenai tanda bahaya nifas dan ajarkan bagaimana merawat, mengenali tanda bahaya pada ibu jika terjadi infeksi pada nifas atau terjadi involusi uterus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: involusi uterus, usia, paritas, menyusui, mobilisasi dini, nifas
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: D4 Kebidanan
Depositing User: Stikes Ngudia Husada Madura
Date Deposited: 11 Aug 2020 01:19
Last Modified: 11 Aug 2020 01:19
URI: http://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/339

Actions (login required)

View Item View Item