HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGETDENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL DAN BAHASA PADA ANAK USIA 24-48 BULAN (Studi di PAUDTerpadu Aisyiyah Pejagan Bangkalan)

INTAN, KISWANDARI (2020) HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGETDENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL DAN BAHASA PADA ANAK USIA 24-48 BULAN (Studi di PAUDTerpadu Aisyiyah Pejagan Bangkalan). Undergraduate thesis, STIKes Ngudia Husada Madura.

[thumbnail of 19153020021-2020-ABSTRAK-IN.pdf] Text
19153020021-2020-ABSTRAK-IN.pdf

Download (231kB)

Abstract

Berkembang adalah bertambahnya struktur fungsi dan kemampuan anak yang lebih kompleks meliputi kemampuan sensorik, motorik, berkomunikasi dan berinteraksi, kognitif, bersosialisasi, kemandirian, dan lain-lain. Bagi anak-anak yang belum bersekolah (usia pra sekolah) keluarga merupakan pendidikan pertama yang ia dapatkan untuk menjadi pondasi awal (Chairunisa, 2019). Perkembangan sosial anak pada umur 24-48 bulan idealnya seperti anak dapat bermain petak umpat, ular tangga,. sedangkan perkembangan bahasa anak usia 24-48 bulan seperti anak dapat mengucapkan paling sedikit 3 kata yang mempunyai arti selain papa dan mama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui Hubungan Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Sosial Dan Bahasa Pada Anak Usia 24-48 Bulan di PAUD Terpadu Aisyiyah Pejagan Bangkalan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian analitik dalam bentuk observasional. Rancangan penelitian yang digunakan pada penelitan ini yaitu cross-sectional. Pengumpulan Data Dengan Kuesioner dan pemeriksaan, Pengolahan Data dan Analisa Data Pengolahan data : Editing, Scoring,Koding, Tabulating. Analisa data Univariat. Tabel distribusi frekuensi Bivariat Tabulasi silang, Uji Statistik: Spearman rank. Mendapatkan Hasil nilai p value 0,000 yang berarti lebih kecil dari α = 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan sosial dan bahasa pada anak usia 24-48 bulan di PAUD Aisyiyah Pejagan Bangkalan. Solusinya agar Orang tua lebih memahami dan menyikapi dengan baik penggunaan gadget pada anak di era digital ini, sehingga akan lebihh bijak dalam memberikan kesempatan pada anak untuk menggunakan gadget. Orang tua juga diharapkan selalu mendampingi anak selama pengoprasiannya serta tidak menjadikan gadget sebagai bahan pengalihan semata, mampu menjadi role model bagi anak dalam menerapkan kegiatan pendampingan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Sosial,Perkembangan Bahasa, Penggunaan Gadget
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: D4 Kebidanan
Depositing User: Dhany Fertri Elysia
Date Deposited: 07 Aug 2020 02:29
Last Modified: 07 Aug 2020 02:29
URI: https://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/405

Actions (login required)

View Item View Item