EVALUASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT (SIMRS) MENGGUNAKAN METODE HOT-FIT DI RUMAH SAKIT UMUM (RSU) ANNA MEDIKA MADURA

Imamatul, Cholinda (2020) EVALUASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT (SIMRS) MENGGUNAKAN METODE HOT-FIT DI RUMAH SAKIT UMUM (RSU) ANNA MEDIKA MADURA. Diploma thesis, STIKes Ngudia Husada Madura.

[img] Text
(5) 17134620013-2020-ABSTRAK-IN.pdf.pdf

Download (208kB)

Abstract

Sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 82 Tahun 2013 bahwa semua Rumah Sakit wajib menyelenggarakan SIMRS. Rumah Sakit Umum Anna Medika Madura mulai mengimplementasikan SIMRS pada awal tahun 2019, namun menemukan berbagai kendala pada awal proses pelaksanaanya, seperti sering terjadi error dan petugas yang masih kebingungan saat mengoperasikannya. Sejak SIMRS diimplementasikan, belum pernah dilakukan evaluasi SIMRS. Oleh karena itu peneliti akan melakukan penelitian dengan mengevaluasi penerapan SIMRS menggunakan metode HOT-fit. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran kondisi SIMRS menggunakan metode HOT-Fit. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif evaluative, pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan evaluative, data diperoleh dengan cara observasi, wawancara mendalam, peneliti akan menganalilis terlebih dahulu hasil dari wawancara dan observasi, yang nantinya akan mendapat gambaran tentang proses penggunaan SIMRS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi penerapan SIMRS menggunakan metode HOT-fit sudah terdapat kesesuaian. Pada penerapan SIMRS baik pada indikator human, organization, technology dan net-benefit sudah terdapat ksesuaian, tidak ditemukan lagi kendala oleh petugas saat mengoperasikannya, keberadaan SIMRS juga sangat membantu petugas dalam memberikan pelayanan dan dapat meningkatkan mutu Rumah Sakit karena dapat memberikan pelayanan yang efektif dan efisien. Kesimpulan yang didapat peneliti diketahui bahwa evaluasi pada penerapan SIMRS di RSU Anna Medika Madura baik indikator human, organization, technology dan net-benefit sudah terdapat kesesuaian di tiap-tiap indikator. SIMRS dan kebijakan RS terkait SIMRS sudah optimal diimplementasikan. Rekomendasi pengembangan yang diusulkan oleh peneliti saat ini adalah penyusunan SOP tentang SIMRS, dilakukan update kebutuhan petugas di tiap – tiap unit sehingga kedepannya evalusi SIMRS dapat meningkatkan kualitas informasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hot-Fit, Sistem Informasi, kualitas informasi, SIMRS, Evaluasi
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: D3 Perekam dan Informasi Kesehatan
Depositing User: S.IP Dhany Fertri Elysia
Date Deposited: 07 Aug 2020 02:21
Last Modified: 07 Aug 2020 02:21
URI: http://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/414

Actions (login required)

View Item View Item