MEDIA ALTERNATIF DARI UBI JALAR (Ipomoea batatas l) SEBAGAI PENGGANTI PDA (Potato Dextrose Agar) TERHADAP PERTUMBUHAN JAMUR Aspergillus flavus

Luswana, Luswana (2020) MEDIA ALTERNATIF DARI UBI JALAR (Ipomoea batatas l) SEBAGAI PENGGANTI PDA (Potato Dextrose Agar) TERHADAP PERTUMBUHAN JAMUR Aspergillus flavus. Diploma thesis, STIKes Ngudia Husada Madura.

[img] Text
17134530056-2020-ABSTRAK-IN.pdf

Download (90kB)

Abstract

Jamur Aspergillus flavus terdapat ditanah, sisa-sisa tumbuhan dan udara yang menyebabkan penyakit Aspergillosis, untuk diagnosis laboratorium harus dilakukan pembiakan jamur. Media yang biasa digunakan yaitu PDA dibuat pabrik dalam bentuk sediaan siap pakai, harganya mahal dan higroskopis. Melimpahnya sumber daya alam seperti ubi jalar (Ipomoa batatas l) dapat dijadikan sebagai media alternatif pertumbuhan jamur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pertumbuhan jamur Aspergillus flavus pada media PDA dan media alternatif ubi jalar konsentrasi 25%, 50%, 75% dan 100%. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratorium. Populasi jamur dan sampel jamur Aspergillus flavus, jamur Aspergillus flavus, diinokulasi pada media PDA dan media alternatif ubi jalar yang dibuat menjadi 4 konsentrasi 25% , 50%, 75% dan 100% dengan metode tuang (Pour Plate Method). Data pengamatan menggunakan Observasi Laboratorium dengan menggunakan teknik analisa deskriptif Hasil dari penelitian ini yaitu Jamur Aspergillus flavus dapat tumbuh pada media alternatif ubi jalar, dengan pertumbuhan paling banyak pada konsentrasi 75% dengan ciri-ciri makroskopis yaitu berwarana hijau gelap kemerahan dengan koloni kecil bertumpuk dan tumbuh pada seluruh bagian petridish. Secara makroskopis jamur Aspergillus flavus yang tumbuh pada media alternatif ubi jalar lebih banyak tetapi misellium koloni jamur yang tumbuh belum seperti pada media PDA, bentuk koloni pada media PDA lebih terlihat jelas yaitu koloni bulat , berwarna hijau kekuningan dan tekstur seperti beludru. Media alternatif dari ubi jalar dapat menumbuhkan jamur Aspergillus flavus dan dapat digunakan sebagi media alternatif pengganti PDA. Dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan metode penanaman jamur, pengenceran konsentrasi dan jenis jamur yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aspergillus flavus, Ubi Jalar (Ipomoea batatas l), PDA
Subjects: R Medicine > RV Botanic, Thomsonian, and eclectic medicine
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: D3 Analis Kesehatan
Depositing User: S.IP Dhany Fertri Elysia
Date Deposited: 11 Aug 2020 01:30
Last Modified: 11 Aug 2020 01:30
URI: http://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/465

Actions (login required)

View Item View Item