ANALISIS JUMLAH LIMFOSIT DAN MONOSIT PADA PENGGUNA NARKOBA JENIS METAMFETAMIN LEBIH DARI 1 TAHUN DI KECAMATAN BURNEH BANGKALAN

ABDUL, HAFIDZ (2020) ANALISIS JUMLAH LIMFOSIT DAN MONOSIT PADA PENGGUNA NARKOBA JENIS METAMFETAMIN LEBIH DARI 1 TAHUN DI KECAMATAN BURNEH BANGKALAN. Diploma thesis, STIKes Ngudia Husada Madura.

[img] Text
17134530001-2020-ABSTRAK-IN.pdf

Download (207kB)

Abstract

Penggunaan Metamfetamin dapat menurunkan system kekebalan tubuh sehingga mudah terserang bakteri dan rentan mengalami infeksi sehingga menyebabkan sel leukosit menjadi meningkat, jenis leukosit yang meningkat yaitu limfosit dan monosit dimana dapat kerentanan terhadap berbagai infeksi. Virus dan bakteri melekat dan menginfeksi sel CD4, sehingga menyebabkan tidak berfungsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah limfoait dan monosit pada mantan pengguna Metamfetaminkurang dari 1 tahun. Metode penelitian yang digunakan yaitu Deskriptif. Variabel independen pada penelitian ini yaitu orang yang mengkonsumsi metamfetamin dan variabel dependen pada penelitian ini adalah limfosit dan monosit. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu orang yang sudah pernah menggunkan narkoba jenis metamfetamin di Kecamatan BurnehBangkalan. Sampel diambil sebanyak 10 responden menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel darah yang didapat, selanjutnya diukur hitung jenis leukosit menggunakan Automatic Analyzer. Hasil penelitian ini dari pemeriksaan hitung jenis leukosit didapatkan hasil rata-rata sel limfosit yaitu 42,30.Hasil rata-rata dari sel monosit yaitu 26,80. Hasil limfosit didapatnya sebagian yg tinggi dan pada hasil monosit seluruhnya didapatkan hasil yang tinggi pada mantan pengguna Metamfetaminkurang dari 1 tahun.Diharapkan kepada masyarakat untuk tidak menggunkan narkoba, karena akan member efek yang tidak baik bagi tubuh yang dimana akan menurunkan system kekebalan tubuh sehingga virus dan bakteriakan dengan mudah menyerang tubuh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: orang mengkonsumsi metamfetamin, limfosit dan monosit
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: D3 Analis Kesehatan
Depositing User: S.IP Dhany Fertri Elysia
Date Deposited: 01 Sep 2020 04:06
Last Modified: 01 Sep 2020 04:06
URI: http://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/566

Actions (login required)

View Item View Item