HUBUNGAN MOTIVASI TENAGA KESEHATAN TENTANG ASI EKSKLUSIF PADA MASA ANTENATAL CARE DENGAN KEBERHASILAN PEMBERIAN ASI EKSLUSIF PADA BAYI USIA 6-12 BULAN (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Sepulu Kecamatan Sepulu Bangkalan)

Suhaifatrotin, Azminingrum (2019) HUBUNGAN MOTIVASI TENAGA KESEHATAN TENTANG ASI EKSKLUSIF PADA MASA ANTENATAL CARE DENGAN KEBERHASILAN PEMBERIAN ASI EKSLUSIF PADA BAYI USIA 6-12 BULAN (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Sepulu Kecamatan Sepulu Bangkalan). Undergraduate thesis, STIKes Ngudia Husada Madura.

[img] Text
ABSTRAK AZMININGRUM.docx

Download (32kB)

Abstract

ASI Eksklusif diberikan sejak bayi lahir sampai usia 6 bulan. Pemberiaan ASI Eksklusif sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh bayi menjadi lebih kuat. Cakupan pemberian ASI Eksklusif masih belum dilaksanakan sepenuhnya dan masih jauh dari target yang telah ditetapkan oleh pemerintah yaitu 80%. Tujuan penelitian ini menganalisis hubungan motivasi tenaga kesehatan tentang ASI Eksklusif pada masa antenatal care dengan keberhasilan pemberian ASI Eksklusif pada bayi usia 6-12 bulan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional. Variabel independen motivasi tenaga kesehatan tentang ASI Eksklusif pada masa antenatal care dan variabel dependen keberhasilan pemberian ASI Eksklusif pada bayi usia 6-12 bulan. Populasi 34 dengan sampel 31 dengan teknik yang digunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan hasilnya dianalisa diskriptif dan inferensial menggunakan uji lambda. Dari hasil gambaran motivasi tenaga kesehatan tentang ASI Eksklusif pada masa antenatal care menunjukkan bahwa dari 31 responden didapatkan ibu yang mendapat motivasi baik berjumlah 18 (58,1%). Dan berdasarkan gambaran keberhasilan pemberian ASI Eksklusif didapatkan ibu yang berhasil memberikan ASI Eksklusif berjumlah 26 (83,9%). Hasil uji statistic dengan menggunakan uji lambda menunjukkan nilai p value < a (0,015 < 0,05) sehingga Ho ditolak, jadi ada hubungan motivasi tenaga kesehatan tentang ASI Eksklusif pada masa antenatal care dengan keberhasilan pemberian ASI Eksklusif di Puskesmas Sepulu Kecamatan Sepulu Bangkalan. Berdasaarkan penelitian bahwa motivasi tenaga kesehatan pada masa antenatal care sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pemberian ASI Eksklusif, jadi bagi para petugas kesehatan untuk tetap memberikan motivasi selama masa kehamilan. Kata kunci : Motivasi Tenaga Kesehatan, Keberhasilan ASI Eksklusif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Tenaga Kesehatan, Keberhasilan ASI Eksklusif
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Stikes Ngudia Husada Madura
Date Deposited: 15 Nov 2019 08:04
Last Modified: 15 Nov 2019 08:04
URI: http://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/71

Actions (login required)

View Item View Item