PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE STORYTELLING (BERCERITA) DALAM PERSONAL HYGIENE TERHADAP KEBERSIHAN KUKU PADA ANAK USIA SEKOLAH

YULIANTO, EFENDI (2020) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE STORYTELLING (BERCERITA) DALAM PERSONAL HYGIENE TERHADAP KEBERSIHAN KUKU PADA ANAK USIA SEKOLAH. Undergraduate thesis, STIKes Ngudia Husada Madura.

[thumbnail of 16142010088-2020-ABSTRAK-IN.pdf] Text
16142010088-2020-ABSTRAK-IN.pdf

Download (262kB)

Abstract

Personal hygiene atau kesehatan pribadi merupakan upaya individu dalam memelihara kebersihan yang meliputi kebersihan rambut, telinga, gigi dan mulut, kuku, kulit. Personal hygiene menjadi bagian penting dalam menjaga kesehatan individu karena dengan personal hygiene yang baik akan mencegah masuknya mikroorganisme yang dapat menyebabkan penyakit Kebersihan kuku dan membran mukosa sangat penting karena kuku merupakan garis pertahanan tubuh yang pertama dari kuman. Kulit menerima berbagai rangsangan dari luar dan menjadi pintu masuk utama kuman patogen kedalam tubuh. Tujuan dari penelitian literature review untuk pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode storytelling (bercerita) dalam personal hygiene terhadap kebersihan kuku pada anak usia sekolah Metode: literature review dengan menganalisis artikel yang meliputi variabel storytelling dan kebersihan kuku. Seleksi literature review menggunakan kategori inklusi dan eksklusi serta dengan memperhatikan keterkaitan antar keyword . Adapun artikel yang digunakan pada literature review ini adalah artikel yang didapatkan dengan menggunakan 3 data base Pubmed, Google Scholar dan Science Direct dengan memasukkan kata kunci “storytelling” dan “kebersihan pribadi” Hasil: Berdasarkan Literatur review Storytelling di anggap mampu menstimulasi otak menjadi pusat pengaturan motivasi anak untuk melakukan personal hygiene. Storytelling sangat kuat dalam meningkatkan pemahaman diri anak dan orang lain yang berada disekitarnya, melalui storytelling indra pengelihatan dan pendengaran anak akan menerima stimulus, media storytelling sangat menarik dan mudah dipahami. Diskusi : pendidikan kesehatan dengan metode Storytelling terbukti signifikan dalam menyampaikan informasi dengan cara bercerita dan mendongeng dan tehnik bercerita ini sangat berpengaruh dan disukai anak usia sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Storytelling, Kebersihan pribadi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Dhany Fertri Elysia
Date Deposited: 26 Oct 2020 03:02
Last Modified: 26 Oct 2020 03:02
URI: https://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/714

Actions (login required)

View Item View Item