TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN DI PUSKESMAS JRENGIK

Latifah, Fani (2022) TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN DI PUSKESMAS JRENGIK. Diploma thesis, Stikes Ngudia Husada Madura.

[thumbnail of 16. 19134620005-2022-MANUSKRIP.pdf] Text
16. 19134620005-2022-MANUSKRIP.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 17. 19134620005-2022-MANUSKRIP-HASIL-TURNITIN.pdf] Text
17. 19134620005-2022-MANUSKRIP-HASIL-TURNITIN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Keberhasilan pada pelayanan kesehatan perorangan yaitu kepuasan pasien. Kepuasan pasien merupakan sebagai tingkat pada perasaan pasien yang muncul sebagai sebab dari kinerja pada pelayanan kesehatan. Salah satu permasalahan yang terjadi pada pasien adalah tingkat kepuasan di unit pendaftaran rawat jalan Puskesmas Jrengik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kepuasan pasien di unit pendaftaran rawat jalan. Desain penelitian menggunakan desain analitik. Populasi 100 responden di Puskesmas Jrengik dengan jumlah sampel 80 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan teknik Accidental Sampling. Variabel penelitian ini adalah tingkat kepuasan pasien. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner kepuasan. Hasil penelitian menunjukan menunjukan kepuasan berdasarkan dimensi kehandalan (Reliability) pasien terhadap pelayanan hampir setengahnya menunjukan cukup puas. Berdasarkan dimensi ketanggapan (Responsiveness) pasien terhadap pelayanan hampir setengahnya menunjukan cukup puas. Berdasarkan dimensi jaminan (Assurance) pasien terhadap pelayanan hampir setengahnya menunjukan cukup puas. Berdasarkan dimensi empati (Emphaty) pasien terhadap pelayanan sebagian besar menunjukan cukup puas. Berdasarkan dimensi bukti fisik (Tangible) pasien terhadap pelayanan sebagian besar menunjukan cukup puas di Puskesmas Jrengik Dalam menunjang kualitas pelayanan disarankan puskesmas Jrengik melakukan monitoring dan evaulasi terhadap bentuk pelayanan yang diberikan kepada pasien, melakukan evaluasi setiap 3 bulan sekali serta melakukan penyaringan saran dari pasien yang berkunjung ke puskesmas sehingga dapat dijadikan pertimbangan dan perbaikan untuk meningkatkan mutu pelayanan terutama bagian unit pendaftaran rawat jalan pada aspek kehandalan petugas, ketanggapan petugas dalam membantu pasien, jaminan dala membantu resiko yang mungkin terjadi perlu lebih dijelaskan kembali, bukti fisik yang harus tetap dijaga dan rasa empati terhadap pasien perlu ditingkatkan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Pelayanan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: D3 Perekam dan Informasi Kesehatan
Depositing User: Dhany Fertri Elysia
Date Deposited: 15 Mar 2023 07:21
Last Modified: 15 Mar 2023 07:21
URI: https://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/1308

Actions (login required)

View Item View Item