HUBUNGAN TEMPER TANTRUMSDENGAN KECERDASAN EMOSIONALPADAANAK USIA PRASEKOLAH (3-6 TAHUN) (StudidiTK/PAUDAnnaHusada KabupatenBangkalan)

Bari, Pathul (2022) HUBUNGAN TEMPER TANTRUMSDENGAN KECERDASAN EMOSIONALPADAANAK USIA PRASEKOLAH (3-6 TAHUN) (StudidiTK/PAUDAnnaHusada KabupatenBangkalan). Undergraduate thesis, STIKES NGUDIA HUSADA MADURA.

[thumbnail of 18142010112-2022-MANUSKRIP.pdf] Text
18142010112-2022-MANUSKRIP.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of 18142010112-2022-MANUSKRIP-HASIL-TURNITIN.pdf] Text
18142010112-2022-MANUSKRIP-HASIL-TURNITIN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Temper tantrums adalah ledakan amarah dan kekesalan juga dapat terjadi terhadapsiapasaja.Tempertantrumslazimnyaterjadipadaanak-anakprasekolah.Haliniberhubungan dengan tingkat kecerdasan emosional pada anak usia prasekolah.Hasil studi pendahuluan 15anak menunjukkan bahwa 4(26,7%) mengalami tempertantrumsrendahdengan kecerdasanemosionaltinggidan11(73,3%)yangmengaIami temper tantrums tinggi dengan kecerdasan emosional rendah. Tujuandari penelitian ini yaituuntuk menganalisis hubungan antara temper tantrumsdengan kecerdasan emosional pada anak usia prasekolah (3-6 tahun) di TK/PAUDAnnaHusadaKabupatenBangkalan Desainpeneitianiniadalahdesainanalisisdenganpendekatancrosssectional.Variabelbebasnyaadalahtempertantrumsdanvariabelterikatnyaadalahkecerdasanemosional.Populasiterdiridari60anaknyadengansampel52responden menggunakan metode simple random sampling. Alat yang digunakanadalahkuesionertantrumdankuesionerkecerdasanemosional.Ujistatistikyangdigunakanadalah uji rank spearman. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwasebagianbesaranakmengalamitempertantrums tinggi sebanyak 29(55,8%) dan rendah sebanyak 23(44,2%), kecerdasanemosional tinggi sebanyak 13(25,0%) dan rendah sebanyak 39(25,0%). Hasil ujistatisticdenganujispearmanrankdidapatkanhasilp-value(0,000)<ɑ(0,05)makahaditerimaartinyaadahubuganantaratempertantrumsdengankecerdasanemosionalpadaanak usiaprasekolah (3-6tahun). Menurut hasil penelitian diatas untuk mengatasi temper tantrums pada anakdisarankanagarorangtuaatauinstansipendidikandapatmeningkatkanataumelatih kecerdasan emosional pada anak dengan mengontrol emosi dan mengenaliemosi dirisendiri untuk menahan amarah pada anak agar tidak memicu timbulnyatempertantrums.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Temper tantrums,KecerdasanEmosional
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Dhany Fertri Elysia
Date Deposited: 04 Aug 2023 02:30
Last Modified: 04 Aug 2023 02:30
URI: https://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/1326

Actions (login required)

View Item View Item