TINJAUAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN PENDAFTARAN ONLINE BERBASIS WHATSAPP DAN TELEPON PASIEN RAWAT JALAN DI RSU ANNA MEDIKA MADURA

Nur, Aini (2023) TINJAUAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN PENDAFTARAN ONLINE BERBASIS WHATSAPP DAN TELEPON PASIEN RAWAT JALAN DI RSU ANNA MEDIKA MADURA. Diploma thesis, STIKES NGUDIA HUSADA MADURA.

[thumbnail of 20134620026-2023-MANUSKRIP.pdf] Text
20134620026-2023-MANUSKRIP.pdf

Download (573kB)
[thumbnail of 20134620026-2023-MANUSKRIP HASIL TURNITIN.pdf] Text
20134620026-2023-MANUSKRIP HASIL TURNITIN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kepuasan pasien adalah salah satu indikator penting yang harus diperhatikan dalam pelayanan kesehatan, untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Pendaftaran online merupakan salah satu metode pendaftaran yang dapat digunakan oleh pasien supaya tidak perlu mengantre terlalu lama di rumah sakit. Di RSU Anna Medika Madura diketahui bahwa masih ada pasien yang menyatakan kurang puas terhadap pelayanan pendaftaran online, peneliti bertujuan untuk mengidentifikasi kepuasan pasien terhadap pelayanan pendaftaran online berbasis WhatsApp dan telepon pasien rawat jalan di RSU Anna Medika Madura. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh pasien lama rawat jalan yang melakukan pendaftaran online di RSU Anna Medika Madura dan penentuan jumlah sampel menggunakan accidental sampling berdasarkan waktu dengan menggunakan 5 dimensi. Berdasarkan hasil analisis pada setiap dimensi dapat diketahui bahwa dari 82 responden, pada dimensi tangibles menyatakan puas dengan presentase sebesar 79,67%. Pada dimensi reliability menyatakan sangat puas dengan presentase sebesar 80,63%. Pada dimensi responsiveness menyatakan puas dengan presentase sebesar 76,26%. Pada dimensi assurance menyatakan sangat puas dengan presentase sebesar 82,85%. Pada dimensi empathy menyatakan sangat puas dengan presentase sebesar 81,71%. Dengan demikian dimensi assurance memliki tingkat kepuasan paling tinggi. Rata-rata tingkat kepuasan pasien secara keseluruhan menggunakan 5 dimensi yaitu sebesar 80,22% dengan kategori puas. Kejelasan dan kemudahan pelayanan sangat penting untuk meningkatkan kualitas dan tingkat kepuasan pasien, kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Pendaftaran online dapat memudahkan pasien dan dinilai mampu mendukung kegiatan rumah sakit pada proses pendaftaran serta juga terbukti memiliki kemampuan untuk mengurangi waktu tunggu yang akan meningkatkan kepuasan pasien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Pendaftaran online, 5 dimensi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: D3 Perekam dan Informasi Kesehatan
Depositing User: akbar aliyyul akbar
Date Deposited: 10 Aug 2023 02:28
Last Modified: 10 Aug 2023 02:28
URI: https://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/1358

Actions (login required)

View Item View Item