TINJAUAN KEPUASAN PASIEN BPJS TERHADAP PELAYANAN PENDAFTARAN MENGGUNAKAN FINGER PRINT PADA POLI KLINIK JANTUNG DI RSU ANNA MEDIKA MADURA

Anita, Fauziyah H (2023) TINJAUAN KEPUASAN PASIEN BPJS TERHADAP PELAYANAN PENDAFTARAN MENGGUNAKAN FINGER PRINT PADA POLI KLINIK JANTUNG DI RSU ANNA MEDIKA MADURA. Diploma thesis, STIKES NGUDIA HUSADA MADURA.

[thumbnail of (16) 20134620006-2023-MANUSKRIP nita_dilindungi.pdf] Text
(16) 20134620006-2023-MANUSKRIP nita_dilindungi.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of 20134620006-2023-Manuskrip-Hasil-Turnitin.pdf] Text
20134620006-2023-Manuskrip-Hasil-Turnitin.pdf

Download (2MB)

Abstract

Di RSU Anna Medika Madura terdapat pasien yang melakukan kesalahan dalam mendaftarkan sidik jari ke finger print dan terkadang alat yang tidak bisa terdeteksi meskipun menggunakan jari-jari lainnya. Agar bisa terdeteksi kembali sebelum melakukan finger print harus menggunakan handsanitizer terlebih dahulu agar bisa terdeteksi. Peneliti bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kepuasan pasien BPJS terhadap pendaftaran menggunakan finger print pada poli klinik jantung di RSU Anna Medika Madura. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh pasien yang menggunakan asuransi BPJS yang berkunjung ke poli klinik jantung rawat jalan yang melakukan pendaftaran menggunaan finger print di RSU Anna Medika Madura dan penentuan jumlah sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel sebanyak 73 responden dengan menggunakan 5 dimensi. Berdasarkan hasil analisis pada setiap dimensi dapat diketahui bahwa 73 responden, pada tangibles menyatakan cukup puas dengan presentase sebesar 52,59%. Pada dimensi reliability menyatakan puas dengan presentase sebesar 69,70%. Pada dimensi responsiveness menyatakan puas dengan presentase sebesar 74,23%. Pada dimensi assurance menyatakan puas dengan presentase sebesar 70,95%. Pada dimensi emphaty menyatakan puas dengan presentase sebesark 75,15%. Rata-rata tingkat kepuasan pasien secara keseluruhan menggunakan 5 dimensi yaitu sebesar 68,52% dengan kategori puas. Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien, semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan maka pasien akan merasa puas serta dapat meningkatkan mutu rumah sakit. Pendaftaran menggunakan finger print dapat memudahkan pasien saat mendaftar serta memberikan jaminan kualitas klaim layanan kepada BPJS dan mencegah potensi pemberian layanan kesehatan kepada peserta yang tidak berhak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Finger Print,
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: D3 Perekam dan Informasi Kesehatan
Depositing User: akbar aliyyul akbar
Date Deposited: 11 Aug 2023 03:29
Last Modified: 11 Aug 2023 03:29
URI: https://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/1396

Actions (login required)

View Item View Item