PENGARUH PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL TERHADAP KEMANDIRIAN DAN EMOSIONAL ANAK USIA PRASEKOLAH (Studi di TK PGRI Torjun, Sampang)

Qurotul, Aini (2023) PENGARUH PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL TERHADAP KEMANDIRIAN DAN EMOSIONAL ANAK USIA PRASEKOLAH (Studi di TK PGRI Torjun, Sampang). Undergraduate thesis, STIKES NGUDIA HUSADA MADURA.

[thumbnail of 19142010030-2023-MANUSKRIP.pdf] Text
19142010030-2023-MANUSKRIP.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of 19142010030-2023-MANUSKRIP-HASIL-TURNITIN.pdf] Text
19142010030-2023-MANUSKRIP-HASIL-TURNITIN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Kemandirian dan emosional merupakan dampak dari gangguan perkembangan personal sosial pada anak. Berdasarkan hasil studi pendahuluan kemandirian pada 10 anak, didapatkan 7 anak dengan penilaian cukup mandiri, 1 anak kurang mandiri dan 2 anak mandiri. Sedangkan pada emosional didapatkan 8 anak dengan tingkat emosional cukup, 1 anak dengan emosional kurang dan baik.Penelitian ini bertujuanuntuk menganalisis pengaruh perkembangan personal sosial terhadap kemandirian dan emosional pada anak usia prasekolah di TK PGRI Torjun. Penelitian ini menggunakan metode Analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Variabel independen adalah personal sosial, variabel dependen adalah kemandirian dan emosional. Populasi adalah anak usia prasekolah sebanyak 44 dengan jumlah sampel 40, menggunakan teknik Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah Denver II pada variabel independen dan kuesioner pada variabel dependen. Uji statistik menggunakan Spearmen Rankdengan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh perkembangan personal sosial terhadap emosional anak, dengan P-value 0,001<0,05. Ada pengaruh emosional terhadap kemandirian anak, dengan P-value 0,009<0,05. Ada pengaruh perkembangan personal sosial terhadap kemandirian anak, dengan P-value 0,000<0,05. Berdasarkan hasil orang tua diharapkan mampu membekali ilmu terkait perkembangan personal sosial anak supaya anak dapat mandiri dan mampu mengendalikan emosinya. Selain itu, diharapkan bagi orang dapat menerapkan interaksi yang baik dalam mendidik anak sehingga anak mencapai perkembangannya dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Personal Sosial, Kemandirian, Emosional, Usia Prasekolah
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: akbar aliyyul akbar
Date Deposited: 06 Sep 2023 01:56
Last Modified: 06 Sep 2023 01:56
URI: https://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/1460

Actions (login required)

View Item View Item