EFEKTIVITASTERAPI BERMAIN :PUZZLE TERHADAP KECEMASAN PADA ANAK KORBAN BENCANA ERUPSI SEMERU Studi di Desa Pronojiwo Lumajang

Arikatul, Firdaus (2023) EFEKTIVITASTERAPI BERMAIN :PUZZLE TERHADAP KECEMASAN PADA ANAK KORBAN BENCANA ERUPSI SEMERU Studi di Desa Pronojiwo Lumajang. Undergraduate thesis, STIKES NGUDIA HUSADA MADURA.

[thumbnail of 17. 19142010052-2023-MANUSKRIP.pdf] Text
17. 19142010052-2023-MANUSKRIP.pdf

Download (524kB)
[thumbnail of 18. 19142010052-2023-MANUSKRIP-HASIL.pdf] Text
18. 19142010052-2023-MANUSKRIP-HASIL.pdf

Download (8MB)

Abstract

Aktifitas yang dapat di sebabkan oleh erupsi gunung api yang dapat menyebabkan dampak kecemasan. Metode untuk mengurangi dampak dari kecemasan yang diakibatkan oleh bencana alam tersebut salah satunya terapi bermain sebagai intervensi pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Terapi Bermain : Puzzle pada Anak Korban Bencana Alam Semeru di desa Pronojiwo Lumajang. Jenis penelitian ini adalah Quasy Eksperiment Pre test-Posttest With Control Group Design. Variabel independen terapi bermain: Puzzle, variabel dependen kecemesan. Populasi penelitian adalah 50 responden sampel 14 kelompok perlakuan dan 14 kelompok kontrol menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen menggunakan kuesioner DASS-21. Uji statistik menggunakan Paired T-test dan Independent t-test dengan α 0,05. Penelitian ini sudah dilakukan uji etik di Stikes Ngudia Husada Madura dengan No: 1771/KEPK/STIKES-NHM/EC/V/2023. Hasil penelitian menggunakan uji paired t-test menunjukkan ada perbedaan kecemasan pada kelompok yang diberikan terapi bermain: puzzle dengan P value (0,000) ≤ α 0,05 dan tidak ada perbedaan kecemasan pada kelompok yang tidak diberikan terapi bermain: puzzle dengan p value (0,336) ≥ α 0,05. Berdasarkan hasil uji statistik independent T-test p value (0,000) ≤ 0,05 maka terdapat perbedaan antara kelompok yang diberikan terapi bermain: puzzle dengan kelompok yang tidak diberikan terapi bermain: puzzle. Berdasarkan uraian diatas, maka disarankan anak usia sekolah yang mengalami kecemasan pasca bencana dapat menggunakan terapi bermain: puzzle untuk menurunkan kecemasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Terapi Bermain: Puzzle, Kecemasan, Anak Usia Sekolah
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: akbar aliyyul akbar
Date Deposited: 11 Sep 2023 04:06
Last Modified: 11 Sep 2023 04:06
URI: https://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/1476

Actions (login required)

View Item View Item