PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 3-5 TAHUN (Studi diTK Anna Husada Bangkalan)

Soleh, Abdurrahman (2023) PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 3-5 TAHUN (Studi diTK Anna Husada Bangkalan). Undergraduate thesis, STIKES NGUDIA HUSADA MADURA.

[thumbnail of 17. 19142010001-2023-MANUSKRIP.pdf] Text
17. 19142010001-2023-MANUSKRIP.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of 18. 19142010001-2023-MANUSKRIP-HASIL-TURNITIN.pdf] Text
18. 19142010001-2023-MANUSKRIP-HASIL-TURNITIN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Seorang anak dapat mengalami keterlambatan perkembangan lebih darisaturanah perkembangan. Masalah perkembangan motorik halus yang seringterjadipada anak usia dini/prasekolah. Berdasarkan studi pendahuluandi TK Anna Husada Madura Bangkalan hasilaspek motorik halus bahwa 4 orang anakdikategorikan caution. Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh antara metode bernyanyi terhadap perkembangan motorik halus pada anak usia 3-5 tahun di TK Anna Husada Bangkalan. Desain penelitian ini adalah cross sectional. Penelitian dilakukan di TK Anna Husada Bangkalan. Populasianak dengan rentang usia 3-5 tahun di TK Anna Husada Bangkalan sejumlah 40 orang. Besar sampel sebanyak 29 orang. Pengambilan subjek menggunakan metode simple random sampling. Variabel independen adalah metode bernyanyi, variabel dependen adalah perkembangan motorik halus anak usia 3-5 tahun. Instrumen menggunakan lembar Denver II dan lembar observasi metode bernyanyi.Analisa data menggunakan uji spearman rank. Penelitian ini telah dilakukan uji Kelaikan Etik yang dilaksanakan oleh KEPK STIKES Ngudia Husada Madura. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar metode bernyanyi responden adalah cukup, perkembangan motorik halus menunjukkan normal, dan uji statistikspearman rank didapatkanp-value = 0,026 artinya ada pengaruh metode bernyanyi terhadap perkembangan motorik halus anak usia 3-5 tahundi TK Anna Husada Bangkalan. Berdasarkan hasil diatas disarankan untuk meningkatkan perkembangan motorik halus anak melalui metode bernyanyi diiringi gerakan dan irama lagu mengakibatkan keterampilan gerakan otot-otot kecil sebagai proses stimulus perkembangan motorik halus anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Bernyanyi, Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 3-5 Tahun
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Dhany Fertri Elysia
Date Deposited: 27 Sep 2023 01:57
Last Modified: 27 Sep 2023 01:57
URI: https://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/1492

Actions (login required)

View Item View Item