SKRIPSI ANALISIS ALUR PELAYANAN DAN WAKTU TANGGAP TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI IGD

Hizbullah, Hizbullah (2024) SKRIPSI ANALISIS ALUR PELAYANAN DAN WAKTU TANGGAP TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI IGD. Undergraduate thesis, STIKES NGUDIA HUSADA MADURA.

[thumbnail of 17. 19142010061-2024-MANUSKRIP.pdf] Text
17. 19142010061-2024-MANUSKRIP.pdf

Download (742kB)
[thumbnail of 18. 19142010061-2024-MANUSKRIP-HASIL-TURNITIN.pdf] Text
18. 19142010061-2024-MANUSKRIP-HASIL-TURNITIN.pdf

Download (14MB)

Abstract

Instalasi Gawat Darurat merupakan unit integral dari rumah sakit yang berpengaruh besar bagi masyarakat terkait penilaian kepuasan pasien. Kepuasan pasien tidak cukup dengan meningkatkan fasilitas lingkungan fisik, tetapi dalam upaya memberikan kepuasan kepada pasien terutama proses dalam pelayanan kesehatan. Pelayanan yang memuaskan seperti memberikan alur yang sesuai dan waktu tanggap yang cepat akan mendatangkan pasien baru karena pasien merasa senang terhadap pelayanan yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara alur pelayanan dengan kepuasan dan hubungan waktu tanggap dengan kepuasan. Metode penelitian ini menggunakan analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Variabel independent alur pelayanan dan waktu tanggap sedangkan variabel dependent kepuasan. Populasi penelitian adalah pasien yang menjalani perawatan di IGD sebanyak 242 dengan sampel 149 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi alur pelayanan dan waktu tanggap dan kuesioner Kepuasan. Uji statistik menggunakan uji korelasi spermank rank dengan α 0,05. Hasil uji spearman rank variabel alur pelayanan dengan kepuasan didapatkan p value sebesar 0,021. Nilai r sebesar -0,188. Dan hasil uji spearman rank variabel waktu tanggap dengan kepuasan didapatkan p value sebesar 0,000. Nilai r sebesar 0,492. Kesimpulan kedua variabel independent, keduanya memiliki hubungan dengan kepuasan. Dengan nilai korelasi tersebut menunjukkan ada hubungan sangat rendah dan sedang. Semakin baik alur pelayanan dan waktu tanggap yang diberikan, maka akan mempengaruhi tingkat kepuasan pasien. Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti variabel lain yang belum diteliti misalnya, tingkat pengetahuan, mutu pelayanan, dukungan keluarga dan juga sebagai sumber data penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan kepuasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Alur pelayanan, Waktu tanggap, dan Kepuasan.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Dhany Fertri Elysia
Date Deposited: 17 Sep 2024 03:37
Last Modified: 17 Sep 2024 03:37
URI: https://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/1514

Actions (login required)

View Item View Item