PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI DAN GAME MAGIC SPIN TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG MENSTRUASI (Studi di SDN Pangeranan 3 dan 5 Bangkalan)

Audina, Delia (2024) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI DAN GAME MAGIC SPIN TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG MENSTRUASI (Studi di SDN Pangeranan 3 dan 5 Bangkalan). Undergraduate thesis, STIKES NGUDIA HUSADA MADURA.

[thumbnail of 20153010003-2024-MANUSKRIP-HASIL-TURNITIN.pdf] Text
20153010003-2024-MANUSKRIP-HASIL-TURNITIN.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of 20153010003-2024-MANUSKRIP.pdf] Text
20153010003-2024-MANUSKRIP.pdf

Download (271kB)

Abstract

Pengetahuan tentang menstruasi merupakan pengenalan tanda-tanda awal menstruasi, personal hygiene saat menstruasi, dan faktor yang mempengaruhi menstruasi. Berdasarkan studi pendahuluan di SD Pangeranan 5 Bangkalan melalui kuesioner kepada 10 siswi kelas V dan VI didapatkan (33%) siswi pengetahuan tentang menstruasi kurang, (20%) siswi pengetahuan cukup, dan (13%) siswi pengetahuan baik. Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan media animasi dan game magic spin terhadap pengetahuan remaja putri tentang menstruasi di SD Pangeranan 3 dan 5 Bangkalan. Desain penelitian ini quasi-experimental dengan sampel 72siswi terdiri dari kelompok intervensi dan kelompok kontrol masing-masing 36 siswi. Variabel independent pendidikan kesehatan menggunakan media animasi dan game magic spin, variabel dependentpengetahuan remaja putri tentang menstruasi. Teknik sampling menggunakan proportionate stratifiedrandom sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji statistik menggunakan uji wilcoxson dan man whitney. Penelitian sudah dilakukan laik etik oleh KEPK STIKes Ngudia Husada Madura, No1952/KEPK/STIKED-NHM/EC/I/2024. Berdasarkan uji statistik diperoleh nilai P-value 0,000 yang berarti ada perbedaan pengetahuan tentang menstruasi pada remaja putri sebelum dan sesudah menggunakan media animasi, game magic spin diperoleh nilai P-value 0,000 yang berarti ada terdapat perbedaan pengetahuan tentang menstruasi pada remaja putri sebelum dan sesudah menggunakan game magic spin, media animasi dan magic spin diperoleh nilai P-value 0,000 yang berarti ada pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan media animasi dan game magic spin terhadap pengetahuan remaja putri tentang menstruasi. Penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan, bagi pihak sekolah dalam meningkatkan pengetahuan remaja putri tentang menstruasi melalui metode lainnya yang bervariasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Menstruasi, Media Animasi, Game Magic Spin
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: D4 Kebidanan
Depositing User: Dhany Fertri Elysia
Date Deposited: 17 Sep 2024 08:18
Last Modified: 17 Sep 2024 08:18
URI: https://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/1543

Actions (login required)

View Item View Item