ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN PENDAFTARAN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM ANNA MEDIKA MADURA

Untung Purnomo, Dimas Joko (2024) ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN PENDAFTARAN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM ANNA MEDIKA MADURA. Diploma thesis, Stikes Ngudia Husada Madura.

[thumbnail of 18134620026-2021-MANUSKRIP.pdf] Text
18134620026-2021-MANUSKRIP.pdf - Published Version

Download (293kB)
[thumbnail of 18134620026-2021-MANUSKRIP-HASIL-TURNITIN.pdf] Text
18134620026-2021-MANUSKRIP-HASIL-TURNITIN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pelayanan kesehatan yang bermutu merupakan kebutuhan dasar yang dikomposisikan oleh berbagai komponen yang saling terkait, saling bergantung dan mempengaruhi setiap orang, pengukuran kualitas pelayanan mengukur kepuasan secara berkala, teratur dan akurat. Di RSU Anna Medika Madura masih terdapat pasien yang mengeluh dan kurang puas terhadap pelayanan di unit pendaftaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kepuasan pasien terhadap pelayanan pendaftaran rawat jalan RSU Anna Medika Madura. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi yang digunakan adalah seluruh pasien lama atau baru rawat jalan yang melakukan pendaftaran di RSU Anna Medika Madura dengan pengambilan sampel secara accidental sampling dengan menggunakan 5 dimensi, Sampel dalam penelitian ini didapatkan sejumlah 93 responden. Hasil analisis dari setiap dimensi dapat diketahui dari 93 responden, pada dimensi tangibles mengatakan sangat puas dengan presentase sebesar 85%. Pada dimensi reability mengatakan sangat puas dengan presentase sebesar 86%. Pada dimensi responsiveness mengatakan sangat puas dengan presentase 86%. Pada dimensi assurance mengatakan sangat puas dengan presentase 85%. Pada dimensi empathy mengatakan sangat puas dengan presentase 86%. Pelayanan dikatakan bermutu Ketika sudah sesuai dengan yang diharapkan oleh pasien. Kepuasan pasien akan sangat berpengaruh terhadap mutu di rumah sakit,pelayanan yang baik seperti alur yang digunakan mudah dipahami, respon petugas terhadap keluhan pasien yang tanggap dan sigap,Bahasa yang digunakan petugas mudah dipahami,serta keamanan serta kenyamanan pasien sangat berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Kata Kunci: Kepuasan pasien,5 dimensi, RSU

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: D3 Perekam dan Informasi Kesehatan
Depositing User: Dhany Fertri Elysia
Date Deposited: 02 Dec 2024 01:09
Last Modified: 02 Dec 2024 01:10
URI: https://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/1547

Actions (login required)

View Item View Item