TINJAUAN KEPUASAN PETUGAS DALAM PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PUSKESMAS DI PUSKESMAS KLAMPIS

Nur Shahira, Nadia (2024) TINJAUAN KEPUASAN PETUGAS DALAM PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PUSKESMAS DI PUSKESMAS KLAMPIS. Diploma thesis, Stikes Ngudia Husada Madura.

[thumbnail of 21134620014-2024-MANUSKRIP.pdf] Text
21134620014-2024-MANUSKRIP.pdf

Download (409kB)
[thumbnail of 21134620014-2024-MANUSKRIP-HASIL-TURNITIN.pdf] Text
21134620014-2024-MANUSKRIP-HASIL-TURNITIN.pdf

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Puskesmas Klampis telah menerapkan SIMPUS berupa aplikasi E-Puskesmas namun dalam pelaksanannya masih terdapat beberapa kendala. Penggunaan SIMPUS sering kali mengalami eror bahkan bisa sampai 3 kali dalam seminggu. Adapun fitur-fitur yang tersedia pada SIMPUS belum memenuhi kebutuhan di beberapa unit pelayanan. Peneliti bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna terhadap Sistem Informasi Manajemen Puskesmas Menggunakan Metode EUCS di Puskesmas Klampis. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh petugas yang mengoperasikan SIMPUS di Puskesmas Klampis sejumlah 33 responden. Sampel dalam penelitian ini adalah petugas yang mengoperasikan SIMPUS di Puskesmas Klampis sebanyak 33 responden. Hasil analisis pada masing-masing dimensi dapat dilihat dari 33 responden pada dimensi content menyatakan sangat puas dengan presentase sebesar 80,1%. Dalam dimensi accuracy menyatakan sangat puas dengan presentase 76,5%. Dalam dimensi format, sangat puas dengan presentase 76,7%. Pada dimensi ease of use, menyatakan sangat puas dengan presentase 78,6%. Dalam dimensi timeliness, petugas menyatakan sangat puas dengan presentase 78,4%. Untuk mencapai derajat kesehatan Puskesmas, juga berperan dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan dengan akurat, cepat dan tepat sehingga sangat diperlukan sistem yang mampu menjamin ketersediaan data secara akurat dan tepat. Suatu sistem informasi manajemen puskesmas perlu memiki interaksi jelas dan mudah dimengerti, informasi yang dihasilkan harus disajikan secara tepat waktu atau realtime. Kata Kunci: SIMPUS, EUCS, Kepuasan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: D3 Perekam dan Informasi Kesehatan
Depositing User: Dhany Fertri Elysia
Date Deposited: 02 Dec 2024 02:48
Last Modified: 02 Dec 2024 02:48
URI: https://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/1568

Actions (login required)

View Item View Item