ANALISIS FAKTOR (KOMUNIKASI IBU, STIMULASI, PERAN KELOMPOK SEBAYA DAN KUALITAS INTERAKSI ANAK-ORANG TUA) DENGAN PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL PADA ANAK PRASEKOLAH USIA 4-5 TAHUN

Wahyuni, Nur Indah (2019) ANALISIS FAKTOR (KOMUNIKASI IBU, STIMULASI, PERAN KELOMPOK SEBAYA DAN KUALITAS INTERAKSI ANAK-ORANG TUA) DENGAN PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL PADA ANAK PRASEKOLAH USIA 4-5 TAHUN. Undergraduate thesis, STIKes Ngudia Husada Madura.

[thumbnail of Abstrak fix.docx] Text
Abstrak fix.docx - Published Version

Download (16kB)

Abstract

Personal sosial merupakan aspek yang sangat penting pada usia prasekolah yang berhubungan dengan kemampuan mandiri, bersosialisasi, dan berinteraksi dengan lingkungannya. Hasil studi pendahuluan didapatkan 6 orang (60%) anak prasekolah yang mengalami delayed. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan komunikasi ibu, stimulasi, peran kelompok sebaya dan kualitas interaksi anak-orang tua dengan perkembangan personal sosial pada anak prasekolah usia 4-5 tahun. Metode penelitian ini bersifat analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Variabel independen komunikasi ibu, stimulasi, peran kelompok sebaya dan kualitas interaksi anak-orang tua dan variabel dependen perkembangan personal sosial. Jumlah populasinya 52 responden dan besar sampel sebanyak 46 responden. Tehnik pengambilan menggunakan simple random sampling, instrumen yang digunakan berupa kuesioner dan Denver II. Uji statistik yang digunakan yaitu Spearman Rank dengan nilai kemaknaan α 0,05. Penelitian ini telah dilakukan uji kelaikan etik yang dilaksanakan oleh KEPK STIKes Ngudia Husada Madura. Hasil penelitian dari 46 responden komunikasi ibu didapatkan nilai p value sebesar 0,033 < 0,05, sehingga H0 diterima ada hubungan antara kedua variabel. Stimulasi dengan perkembangan personal sosial memiliki nilai p value sebesar 0,014 < 0,05, sehingga H0 diterima ada hubungan antara kedua variabel. Peran kelompok sebaya dengan perkembangan personal sosial memiliki nilai p value sebesar 0,043 < 0,05, sehingga H0 diterima ada hubungan antara kedua variabel. Kualitas interaksi anak-orang tua dengan perkembangan personal sosial memiliki nilai p value sebesar 0,014 < 0,05, sehingga H0 diterima ada hubungan antara kedua variabel. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memotivasi ibu untuk meningkatkan frekuensi komunikasi terhadap anak dan mengajarkan anak untuk bersosialisasi dengan lingkungannya untuk meningkatkan perkembangan personal sosial anak. Kata Kunci: Komunikasi ibu, stimulasi, peran kelompok sebaya, kualitas interaksi anak orang tua, perkembangan personal sosial

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi ibu, stimulasi, peran kelompok sebaya, kualitas interaksi anak orang tua, perkembangan personal sosial
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Stikes Ngudia Husada Madura
Date Deposited: 19 Nov 2019 07:37
Last Modified: 25 Nov 2019 03:28
URI: https://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/211

Actions (login required)

View Item View Item