TINJAUAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP MUTU PELAYANAN REKAM MEDIS DI PENDAFTARAN RUMAH SAKIT UMUM ANNA MEDIKA MADURA

SITI NURHASANAH, HASAN BASRI (2020) TINJAUAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP MUTU PELAYANAN REKAM MEDIS DI PENDAFTARAN RUMAH SAKIT UMUM ANNA MEDIKA MADURA. Diploma thesis, STIKes Ngudia Husada Madura.

[thumbnail of (5) 17134620029-2020-ABSTRAK-IN.pdf] Text
(5) 17134620029-2020-ABSTRAK-IN.pdf

Download (191kB)

Abstract

Pada studi pendahuluan di RSU Anna Medika Madura diketahui bahwa masih ada pasien yang menyatakan kurang puas terhadap pelayanan di pendaftaran. Oleh karena itu, peneliti bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap mutu pelayanan rekam medis di pendaftaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Deskriptif. Pada penelitian ini populasi yang digunakan untuk penelitian ini adalah jumlah seluruh kunjungan pasien rawat jalan di RSU Anna Medika Madura. Sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi dan untuk sampel penelitian lebih representatif atau mewakili jumlah populasi yang ada, dengan menggunakan metode perhitungan Slovin. Dari hasil penelitian yang dilakukan di RSU Anna Medika Madura diketahui bahwa masih ditemukan beberapa responden yang menyatakan kurang puas pada saat pelayanan di pendaftaran pasien rawat jalan. Berdasarkan hasil analisis pada setiap dimensi dapat diketahui bahwa kepuasan pasien pada dimensi tangibles di tempat pendaftaran pasien rawat jalan RSU Anna Medika Madura, dari 25 responden yang menyatakan puas 56%. Pada dimensi reliability sebagian besar menyatakan puas 60%. Pada dimensi responsiveness yang menyatakan puas 52%. Pada dimensi assurance sebagian besar menyatakan puas 68%. Pada dimensi empahty yang menyatakan puas 56%. Dengan demikian dimensi assurance memiliki tingkat kepuasan paling tertinggi. Secara umum tingkat kepuasan pasien berdasarkan lima dimensi di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan RSU Anna Medika Madura merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh petugas pendaftaran, dibuktikan dengan tingkat kepuasan dimensi tangibles sebesar 56%, dimensi reliability sebesar 60%, dimensi responsiveness sebesar 52%, dimensi assurance sebesar 68% dan emphaty sebesar 56%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pasien Rawat Jalan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: D3 Perekam dan Informasi Kesehatan
Depositing User: Dhany Fertri Elysia
Date Deposited: 01 Sep 2020 04:08
Last Modified: 01 Sep 2020 04:08
URI: https://repository.stikesnhm.ac.id/id/eprint/531

Actions (login required)

View Item View Item